Elektabilitas Ridwan Kamil Melejit dalam Survei Cagub DKI Jakarta 2024

Elektabilitas Ridwan Kamil Melejit dalam Survei Cagub DKI Jakarta 2024

Ridwan Kamil mengapresiasi Abah Jajang, warga Kabupaten Cianjur, yang viral karena kediamannya memiliki pemandangan indah lantaran menghadap Curug (air terjun) Citambur dan menolak dijual meskipun rumahnya ditawar hingga Rp2,5 miliar.--

Elektabilitas Ridwan Kamil Melejit dalam Survei Cagub DKI Jakarta 2024

Berdsasarkan Hasil survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil unggul sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. 

Unggulnya Ridwan Kamil menjadi Cagub DKI Jakarta ini dalam simulasi delapan dan enam nama.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil dalam simulasi delapan nama mencapai 23,3 persen.

"Ridwan Kamil unggul, tetapi keunggulannya terlalu jauh bedanya dengan Sandi," kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei secara virtual seperti diikuti dari Jakarta, Kamis 5 Mei 2023.

BACA JUGA:Prabowo Berencana Silaturahmi dengan SBY, Ajak Demokrat Gabung dengan Gerindra dan PKB?

Ia memerinci elektabilitas Sandiaga Uno bertengger di posisi kedua dengan 19,5 persen. Selanjutnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (11,3 persen), Gibran Rakabuming (10,3 persen), dan Ahmad Sahroni (8,1 persen).

"Heru dan Ahmad Riza Patria juga tipis (selisihnya)," ujar dia lebih lanjut.

Adapun elektabilitas Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam simulasi delapan nama adalah 5,8 persen, Ahmad Riza Patria 5,4 persen, dan Bima Arya Sugiarto 0,8 persen.

Dalam simulasi enam nama dengan asumsi Sandiaga Uno dan Gibran Rakabuming tidak maju sebagai cagub DKI Jakarta, Ridwan Kamil tetap unggul dengan jumlah elektabilitas mencapai 35,7 persen.

BACA JUGA:Warga DKI Ditanya Calon Gubernur, Dijawab Spontan: Ahok

"Ridwan Kamil itu melejit sendirian di sini. Nama-nama yang lain agak tercecer di belakang," ucap Burhanuddin.

Dalam simulasi enam nama tersebut, secara berturut-turut di bawah Ridwan Kamil adalah AHY (13,9 persen), Ahmad Sahroni (9,9 persen), Heru Budi Hartono (7 persen), Ahmad Riza Patria (6,7 persen), dan Tri Rismaharini (6 persen).

Apabila Ridwan Kamil diasumsikan tidak maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI mendatang, kata dia, Ahmad Sahroni memimpin di posisi atas dengan elektabilitas 22,5 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: