Lancar! Pelaksanaan UTBK-SNBT Gelombang I Digelar 8–14 Mei 2023

Lancar! Pelaksanaan UTBK-SNBT Gelombang I Digelar 8–14 Mei 2023

Pelaksanaan UTBK-SNBT di Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (8/5/2023).--

Lancar! Pelaksanaan UTBK-SNBT Gelombang I Digelar 8–14 Mei 2023 

Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 hari pertama berjalan tanpa ada kendala.

Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof Mochamad Ashari mengatakan, tahun ini UTBK-SNBT 2023 digelar dalam dua gelombang yakni Gelombang I digelar 8–14 Mei 2023. 

Sedangkan UTBK-SNBT Gelombang II digelar 22–28 Mei 2023. Pelaksanaan UTBK-SNBT, menurutnya, digelar secara luring di 74 lokasi Pusat UTBK PTN se-Indonesia.

"Hari pertama UTBK-SNBT tidak ada kendala serius, kita sudah koordinasi dengan berbagai instansi supaya membantu pelaksanaan UTBK," kata Ashari usai meninjau UTBK-SNBT di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Senin 8 Mei 2023.

BACA JUGA:PPDB SMA SMK Kalteng Dibuka 26-28 Juni 2023, Tersedia Empat Jalur Penerimaan

Pada sesi pertama di hari pertama UTBK-SNBT itu, dia mencatat ada sebanyak 48.551 orang yang mengikuti tes tersebut. 

Sedangkan di sesi dua UTBK-SNBT, ada sebanyak 49.076 orang yang ikut tes itu.

Dia menjelaskan tahun 2023 ini Universitas Padjadjaran menjadi koordinator pusat pelaksanaan UTBK-SNBT, sehingga dia bersama timnya memantau pelaksanaan tes itu dari kampus Universitas Padjadjaran (Unpad).

"Unpad ini koordinator pengendali utama pelaksanaan yang mendesain sistemnya, makanya kita di sini, jadi semuanya sekarang dimonitor secara nasional di Unpad sini," katanya.

BACA JUGA:Portal UTBK SNBT Resmi, Ini Syarat hingga Bocoran Tes yang Harus Diikuti Peserta SNBT 2023

Secara umum, menurutnya, pelaksanaan UTBK tahun 2023 tidak ada perbedaan dengan tahun sebelumnya. 

Menurutnya di tahun 2023 ini materi soal di UTBK-SNBT menggunakan tes skolastik dengan sub-tes kemampuan kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris.

Dia menjelaskan tes skolastik menekankan pada pengukuran kemampuan kognitif yang dianggap penting dalam keberhasilan mahasiswa selama studi di perguruan tinggi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: