Tes Potensi Akademik Ditiadakan di SNPMB 2023, Diganti Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Akademik Ditiadakan di SNPMB 2023, Diganti Tes Potensi Skolastik

Ilustrasi - Syarat Daftar dan Jadwal Lengkap UTBK-SNBT 2023--(Net)

Tes Potensi Akademik Ditiadakan di SNPMB 2023 - Tes potensi akademik (TPA) ditiadakan pada seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) 2023. 

Peniadaan tes potensi akademik tersebut disampaikan Wakil Sekretaris Eksekutif Bidang Help Desk, Call Centre, dan Front Desk SNPMB, Badrus Zaman.

Badrus Zaman mengatakan, Tes Potensi Akademik (TPA) akan diganti dengan tes potensi skolastik, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan literasi Bahasa Inggris.

BACA JUGA:Syarat Daftar dan Jadwal Lengkap UTBK-SNBT 2023

Ia mengatakan hal tersebut pada sosialisasi dan promosi SNPMB Tahun 2023 di Universitas Tidar (Untidar) Magelang.

"Tahun ini ada perubahan sistem pada ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang saat ini disebut dengan seleksi nasional berbasis tes (SNBT)," katanya, Selasa 7 Februari 2023.

Badrus mengimbau kepada para guru BK agar selalu memantau informasi dari media resmi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek.

"Silakan selalu ikuti informasi yang valid dari webhttps://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, dan media sosial yang tertaut dengan web tersebut karena banyak medsos cloning yang informasinya kurang dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

BACA JUGA:Jalur Mandiri Bagi yang Tak Lolos SBMPTN 2022, Ini Daftar Perguruan Tinggi yang Buka Seleksi

Ia menegaskan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, di antaranya siswa yang telah dinyatakan lolos seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) tahun ini, serta SNMPTN tahun 2022 dan 2021, tidak bisa mengikuti UTBK SNBT. Sistem secara otomatis akan menolak.

"Jadi pastikan prodi yang dipilih di SNBP betul-betul prodi yang diinginkan," katanya.

Perbedaan lainnya adalah pemilihan jurusan atau prodi pada SNBP atau SNBT. Jika sebelumnya siswa akan diarahkan memilih prodi sesuai dengan jurusan SMA, tahun ini siswa bebas memilih jurusan atau prodi sesuai dengan minat dan bakatnya.

"Siswa bebas memilih prodi secara merdeka bertanggung jawab. Siswa dari IPS boleh memilih kedokteran, diterima atau tidaknya semua bergantung hasil seleksi," katanya.

BACA JUGA:Hari Ini Pengumuman SBMPTN 2022, Cek Link Resminya di Sini

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: