Soal Jalan Rusak Lampung Tengah, Menteri PUPR: Pekerjaan Perbaikan Segera Dimulai

Soal Jalan Rusak Lampung Tengah, Menteri PUPR: Pekerjaan Perbaikan Segera Dimulai

Presiden Jokowi kunjungi jalan rusak di Lampung-Ist-

Soal Jalan Rusak Lampung Tengah, Menteri PUPR: Pekerjaan Perbaikan Segera Dimulai

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, perbaikan jalan daerah Lampung Tengah segera dimulai. 

Penegasan itu, setelah Menteri Basuki mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi turun langsung ke Lampung untuk meninjau sejumlah jalan rusak yang selama ini dikeluhkan oleh warga. 

"Kita akan segera laksanakan perintah Bapak Presiden dengan memulai tender pekerjaan pada bulan Mei 2023 ini, sehingga Juni sudah bisa mulai diperbaiki kondisi jalannya," tutur Menteri Basuki, dilansir fin pada Senin 8 Mei 2023.

Basuki mengatakan, pengerjaan jalan Lampung Tengah sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan daerah yang telah dikeluarkan oleh Presiden pada bulan Maret 2023. 

Inpres Jalan Daerah bertujuan menangani jalan-jalan non nasional yang rusak dan menigkatkan kemantapan jalan daerah di seluruh Indonesia melalui bantuan APBN. 

BACA JUGA:Begini Alasan Jokowi Pilih Lewat Jalan Rusak Saat Bekunjung ke Lampung

BACA JUGA:Usai Ditinjau Jokowi, Perbaikan Jalan Rusak di Lampung Diambil Alih Kementerian PUPR

Menurut data tahun 2022, Provinsi Lampung memiliki 99 ruas jalan provinsi sepanjang 1.693 km dengan kondisi mantap 77%, serta 6.591 ruas jalan kabupaten sepanjang 17.774 km dengan kondisi mantap 50%. 

Adapun jalan nasional di Lampung sepanjang 1298 km dengan kemantapan 95%.

Saat ini ada 15 ruas jalan daerah di Lampung yang telah diusulkan untuk dapat ditangani melalui Inpres Jalan Daerah, termasuk ruas Kota Gajah - Simpang Randu yang ditinjau Presiden hari ini. 

Ruas sepanjang 29 km tersebut merupakan jalan provinsi sebagai penghubung lintas tengah dan lintas timur Trans Sumatra di Provinsi Lampung yang mendukung kawasan pertanian dan tambak udang. 

BACA JUGA:Gubernur Lampung Bantah Perbaiki Jalan Rusak Karena akan Dikunjungi Presiden Jokowi

BACA JUGA:Jokowi Ganti Mobil saat Tinjau Jalan Rusak di Lampung

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: