Insiden Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Kamboja Bertemu Menpora Dito

Insiden Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Kamboja Bertemu Menpora Dito

Insiden Bendera Indonesia Terbalik--

Insiden Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Kamboja Bertemu Menpora Dito - Insiden bendera Indonesia terbalik terjadi pada upacara pembukaan SEA Games 2023 Kamboja di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Jumat, 5 Mei 2023.

Atas terjadinya insiden bendera Indonesia terbalik itu, Menpora Kamboja Hang Chuon Naron melakukan pertemuan dengan Menpora Republik Indonesia Dito Ariotedjo di Phnom Penh, Sabtu.

BACA JUGA:Klasemen Sementara Sepak Bola SEA Games 2023: Timnas U-22 Indonesia Ada di Puncak Grup A

Dito Ariotedjo menuturkan, pemerintah Kamboja telah menyampaikan permintaan maaf atas terjadinya insiden bendera Merah Putih Indonesia terbalik di Sea Games Kamboja.

"Kami meminta maaf atas insiden (bendera Merah Putih terbaik) yang terjadi kemarin. Kami mendoakan Indonesia sukses di SEA Games 2023 ini," kata Menpora Kamboja Hang Chuon Naron dikutip dari akun media sosial Menpora Dito Ariotedjo.

Lewat unggahannya, Dito juga meminta pernyataan permintaan maaf dari pemerintah Kamboja ini bisa diterima masyarakat Indonesia.

"Maafin ya, ini enggak disengaja, tadi beliau bener-bener dari hati," tulis Dito.

Menyusul insiden bendera Merah Putih terbaik dalam rangkaian pembukaan SEA Games 2023, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyatakan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara dan ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

BACA JUGA:Atlet Esport yang Raih Medali di SEA Games 2023 Bakal Dapat Bonus, PB ESI Siapkan Rp5 Miliar

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen,” kata Harry dalam surat tersebut.

Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta olahraga solidaritas negara-negara kawasan Asia Tenggara.

Tim Indonesia untuk SEA Games Kamboja yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabang olahraga.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: