Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, dari Jantung hingga Tulang

Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, dari Jantung hingga Tulang

Daun kelor (Pixabay)--

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan-  DAUN kelor, atau yang sering dikenal sebagai Moringa oleifera, adalah salah satu jenis tumbuhan yang terkenal karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. 

Daun kelor mengandung berbagai macam vitamin, mineral, protein, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail mengenai manfaat daun kelor untuk kesehatan, berdasarkan penelitian medis yang ada.

Menjaga Kesehatan Jantung: Salah satu manfaat daun kelor yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Human Wellness, daun kelor mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, senyawa ini juga dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Kulit: Daun kelor juga dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, ekstrak daun kelor mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mengurangi kerutan.

BACA JUGA:Berikut Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Pepaya dan Risiko Mengkonsumsinya

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Senyawa antioksidan dalam daun kelor juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Pharmacology, daun kelor mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel darah putih dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata: Daun kelor juga mengandung senyawa karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Function, senyawa karotenoid dalam daun kelor dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada retina dan mengurangi risiko terkena penyakit mata seperti degenerasi makula.

BACA JUGA:Manfaat Cincau Hijau, Sehatkan Ginjal hingga Jantung

BACA JUGA:Berikut 6 Manfaat Rebusan Daun Kersen untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Tulang: Daun kelor mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, pemberian ekstrak daun kelor kepada tikus yang mengalami osteoporosis dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Menjaga Kesehatan Pencernaan: Daun kelor juga dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: