Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies Baswedan

Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies Baswedan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi saat berada di dalam MRT. --Istimewa

Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies Baswedan

Lembaga Survei Nasional (LSN) mengungkapkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto dalam survei yang dilakukannya berhasil mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Para responden ditanyakan 'seandainya Pemilu dilaksanakan hari ini, siapakah yang akan Anda pilih sebagai presiden dari tokoh-tokoh di bawah ini?'. 

Hasilnya, apabila Pilpres dilaksanakan saat ini Prabowo Subianto akan keluar sebagai pemenang dengan elektabilitas 31,8 persen.

"Dengan demikian, Prabowo tetap bertahan di puncak elektabilitas, bahkan menunjukkan tren yang terus menanjak," ujar Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry di Jakarta, Kamis 4 Mei 2023.

BACA JUGA:Gibran Jadi Juru Kampanye Pemilu 2024, Harus Cuti atau Dilakukan Hari Libur

Berikut ini hasil survei terkait elektabilitas bakal calon presiden (capres) apabila Pilpres dilaksanakan saat ini: Prabowo Subianto 31,8 persen, Ganjar Pranowo 18,6 persen, Anies Baswedan 18,2 persen, Ridwan Kamil 6,5 persen, Erick Thohir 4,2 persen, dan Sandiaga Uno 2,8 persen.

Nama calon lain, Mahfud MD 2,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,4 persen, Muhaimin Iskandar 2,3 persen, Puan Maharani 2,1 persen, Airlangga Hartarto 1,8 persen dan tidak tahu 6,8 persen.

Dari hasil survei tersebut tercatat tiga tokoh yang memiliki elektabilitas teratas yakni Prabowo Subianto 31,8 persen responden, Ganjar Pranowo 18,6 persen dan Anies Baswedan 18,2 persen responden.

Adapun elektabiltas Ganjar Pranowo hanya berkisar 18,6 persen, sebab ia dipersepsikan publik sebagai penyebab dibatalkannya Indonesia sebagai host Piala Dunia U-20.

BACA JUGA:Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi 69,1 Persen Menurut Survei LSN

"Posisi Ganjar bahkan terancam tergusur oleh Anies Baswedan yang memiliki elektabilitas 18,2 persen. Dukungan PDI Perjuangan ternyata tidak serta merta mendongkrak elektabilitas Ganjar Pranowo," kata Gema.

Selain itu, responden juga diberi pertanyaan simulasi capres Pemilu 2024 apabila hanya diikuti tiga calon presiden yaitu Prabowo, Ganjar, Anies. Pertanyaannya, "seandainya Pemilu 2024 hanya diikuti tiga calon presiden di bawah ini siapakah yang Anda pilih?".

Berdasarkan simulasi yang dilakukan LSN, apabila Pilpres hanya diikuti tiga orang tokoh saja maka Prabowo Subianto akan keluar sebagai pemenang dengan elektabilitas 36,5 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: