Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi 69,1 Persen Menurut Survei LSN

Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi 69,1 Persen Menurut Survei LSN

Presiden Jokowi saat kampanye Pemilu 2019 di GBK Senayan Jakarta.-dok fin-dok fin

Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi - Lembaga Survei Nasional (LSN) mencatat tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 69,1 persen.

"Hasil survei LSN menunjukkan bahwa mayoritas publik atau 69,1 persen responden mengaku puas dan sangat puas terhadap kinerja Presiden Jokowi selama hampir sembilan tahun memimpin Indonesia," ujar Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, di Jakarta, Kamis 4 Mei 2023.

Survei tersebut dilakukan pada periode 25 April hingga 2 Mei 2023 pada 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi survei tersebut merupakan WNI yang telah berusia 17 tahun dan memiliki KTP.

Dalam survei ini terdapat 1.230 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis, margin of error +/- 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara via telepon.

Para responden ditanyakan "bagaimana pendapat Anda terhadap kinerja Presiden Jokowi dalam memimpin Indonesia selama hampir 9 tahun ini?" Hasilnya kepuasan terhadap kinerja Jokowi berada pada angka 69,1 persen.

Berikut ini hasil survei terkait kepuasan terhadap kinerja Jokowi: sangat puas 9,8 persen, puas 59,3 persen, kurang puas 18,9 persen, tidak puas 10,7 persen dan tidak tahu 1,3 persen.

Menurut Gema, masih terdapat sekitar 29,6 persen publik yang menyatakan kurang puas atau tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi setelah hampir dua periode memimpin Indonesia.

"Sementara itu hanya 1,3 persen responden yang tidak dapat memberikan jawaban alias tidak tahu," ucapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: