Cetak Laba Rp497,6 Miliar, Kinerja Jasa Marga Kuartal I-2023 Positif

Cetak Laba Rp497,6 Miliar, Kinerja Jasa Marga Kuartal I-2023 Positif

Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk-Istimewa-Jasa Marga

Kinerja Jasa Marga Kuartal I-2023 - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil membuka kuartal pertama tahun 2023 dengan kinerja yang positif, seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat pasca dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di akhir tahun 2022.

Emiten berkode saham JSMR ini berhasil membukukan Laba Bersih pada Kuartal I Tahun 2023 sebesar Rp497,6 miliar, naik 58,0 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan kinerja positif Perseroan juga tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp3,4 triliun atau tumbuh 6,0 persen yang merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp3,0 triliun yang meningkat 2,7 persen dari Kuartal I Tahun 2022, serta kontribusi kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp372,2 miliar atau naik 44,4 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Realisasi EBITDA Perseroan juga terjaga, yaitu mencapai Rp2,2 triliun, dengan realisasi EBITDA Margin diatas 60 persen yaitu mencapai level 64,3 persen di tengah pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif atas kenaikan volume lalu lintas Perseroan.

BACA JUGA:

  1. Arus Balik Lebaran, Jasa Marga Diskon 20 Persen Tarif Tol Semarang - Jakarta
  2. Arus Balik Lebaran, Jasa Marga Terapkan Sistem Buka Tutup arah Berlawanan di Tol Jakarta-Cikampek

Hingga Kuartal I 2023, Perseroan masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.260 KM yang merepresentasikan 50 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia. 

Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Perseroan di periode yang sama adalah 1.736 KM di seluruh Indonesia. 

Jumlah konsesi ini termasuk penambahan Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 KM yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Konsorsium BUMN-Swasta-BUMD.

Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban yang terdiri dari 5 seksi ini dibangun melalui skema Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari kelima seksi tersebut, pembangunan Seksi 1 Junction Cipendeuy-Simpang Susun (SS) Cipendeuy dan Seksi 2 SS Cipendeuy-SS Pasir Bungur dengan total sepanjang 14,11 KM dikerjakan oleh BUJT PT JAP.

BACA JUGA:

  1. H-7 Hingga H-2 Hari Raya Idulfitri 1444 H, Jasa Marga Catat 1.2 Juta Kendaraan Meninggalkan Jabotabek
  2. Viral Video Puluhan Truk kena Ranjau Paku di Tol Japek, Jasa Marga Beri Klarifikasi Begini

Sementara itu untuk pembangunan Seksi 3 SS Pasir Bungur-SS Tambak Dahan, Seksi 4 SS Tambak Dahan-SS Pusakanegara dan Seksi 5 SS Pusakanegara-Patimban dengan total sepanjang 22,94 KM dikerjakan oleh Pemerintah.

Dari sisi pengembangan jalan tol, di Kuartal I Tahun 2023 Jasa Marga juga menggelar peletakan batu pertama (groundbreaking) Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang merupakan ruas pamungkas dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa. 

Dengan dilaksanakannya groundbreaking ini pengerjaan konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki telah dimulai pada tahap I yang terbagi atas 3 paket pekerjaan konstruksi yaitu Paket 1 Gending sampai dengan Kraksaan (12,88 KM), Paket 2 Kraksaan sampai dengan Paiton (11,20 KM) dan Paket 3 Paiton sampai dengan Besuki (25,60 KM).

BACA JUGA:

  1. Jasa Marga Tambah Lajur Tol Jakarta-Cikampek Demi Turunkan Rasio Kepadatan Lalin
  2. Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol 20 Persen Saat Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran, Catat Tanggal Penerapannya

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: