Viral Video Puluhan Truk kena Ranjau Paku di Tol Japek, Jasa Marga Beri Klarifikasi Begini

Viral Video Puluhan Truk kena Ranjau Paku di Tol Japek, Jasa Marga Beri Klarifikasi Begini

Puluhan truk terkena ranjau paku di KM42 Tol Japek, pada bulan Agustus 2022 lalu-Tangkapan layar-

Viral Video Puluhan Truk kena Ranjau Paku di Tol Japek - PT Jasamarga Transjawa Tol selaku pengelola jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) memberikan klarifikasi terkait viralnya sebuah video pada akun sosial media, tentang puluhan truk yang terkena ranjau paku saat melintas di ruas Tol Japek. 

"Bocor kabeh trontone kiwo nengen (bocor semua roda trontonnya kiri dan kanan)," demikian narasi pada video yang viral beredar di akun WhatsApp Group, dilihat fin.co.id, Senin 17 April 2023. 

Tampak pada video yang beredar itu, ada puluhan truk yang berhenti di bahu jalan, dengan keluhan yang sama yaitu ban bocor akibat terkena diduga ranjau paku. 

Fin.co.id kemudian melakukan penelusuran terhadap video yang viral tersebut. Fakta pun kemudian terungkap. 

BACA JUGA:

  1. Profil Pratiwi Noviyanthi, Eks Pramugari yang Sukses Jadi YouTuber, Kini Viral Ribut dengan Polantas
  2. Sayangkan Respons Pemerintah Lampung, Keluarga TikTokers Bima: Inilah Cara Anak Muda Mengkritik

Dari postingan lainnya, yaitu pada akun Instagram Populis.id, diketahui postingan berupa tangkapan layar kondisi yang sama seperti pada video yang viral tersebut. 

Meski demikian, pada postingan itu jelas tertera tanggal dan waktu kejadian, yaitu pada 30 Agustus 2022. 

Fin.co.id kemudian menghubungi pihak Jasa Marga untuk meminta klarifikasi. 

Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol Amri Sanusi memberikan klasifikasinya. Ia membenarkan bahwa video yang viral itu adalah video lama yang beredar kembali. 

BACA JUGA:

  1. Deretan Pantun Lucu Buat Minta THR, Cocok Buat Dikirim Jelang Lebaran Idulfitri
  2. DM Dibalas Cristiano Ronaldo, Netizen Indonesia Ini Hoki Seumur Hidup

Amri membenarkan bahwa video itu terjadi di ruas Tol Japek, tepatnya di KM 48. Namun peristiwanya sudah berlalu, yakni bulan Agustus tahun 2022. 

"Menanggapi video peristiwa truk terkena paku di KM 48+800 Karawang Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang beredar di media sosial, PT Jasamarga Transjawa Tol menyampaikan bahwa video tersebut merupakan video lama (tanggal 27 Agustus 2022) yang beredar kembali di masyarakat pada pertengahan April 2023 ini," jelas Amri kepada fin.co.id, saat dihubungi Senin 17 April 2023. 

Amri juga memastikan, setelah mendapatkan informasi terkait kejadian tersebut dari pengguna jalan pada Sabtu 27 Agustus 2022, petugas segera melakukan tindak lanjut dan telah selesai melakukan penelusuran serta pembersihan lajur jalan tol di hari yang sama.

"PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau kepada masyarakat agar dapat melakukan pengecekan dan selalu berhati-hati dalam menerima informasi, khususnya yang beredar di media sosial," tegasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: