PPP Capreskan Ganjar Pranowo, KIB Tak Lama Lagi Bubar Jalan

PPP Capreskan Ganjar Pranowo, KIB Tak Lama Lagi Bubar Jalan

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyepakati visi dan misi dalam pembicaraan di Surabaya, Jawa Timur, Minggu 14 Agustus 2022-Istimewa-

PPP Capreskan Ganjar Pranowo, KIB Tak Lama Lagi Bubar Jalan - Ganjar Pranowo telah dideklarasikan sebagai calon presiden (Capres) yang akan diusung PPP dan juga PDIP.

Deklarasi Ganjar sebagai capres oleh PPP itu dipastikan akan berdampak pada kesolidan koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri atas PPP, Golkar, dan PAN. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan bubar jalan.

Demikian penilain pakar politik sekaligus akademisi Universitas Bengkulu Panji Suminar.

"Sejak awal sebenarnya saya sudah tidak yakin, sekarang Ganjar sudah jadi capres PDIP. Tentu kalau PDIP membangun koalisi, mereka akan membuat koalisi nya sendiri bukan bergabung dengan koalisi yang ada," katanya, Rabu, 26 April 2023.

 BACA JUGA:

Belum lagi, pergerakan-pergerakan partai politik yang ada di dalam KIB makin agresif mendekati tahapan pencalonan presiden. 

PAN menunjukkan dukungannya ke Ganjar dan juga sempat meng-endorse sosok Menteri BUMN Erick Thohir.

PPP telah memantapkan pilihannya untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dalam kontestasi pesta demokrasi 2024.

Kalau pun se-gerbong KIB merapat memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo, tentunya bukan KIB yang menentukan dominasi koalisi.

BACA JUGA:

Namun PDIP yang menjadi pengusung pertama sekaligus "pemilik" Ganjar, karena merupakan kader PDIP.

"Atau bisa saja KIB pecah, ada parpol yang merapat ke Prabowo, kita tidak tahu karena yang namanya politik itu dinamis, meski awalnya KIB meng-endorse Ganjar Pranowo," tuturnya.

Kondisi KIB saat ini lanjut dia tidak lepas dari parpol-parpol yang tergabung dalam koalisi tersebut tidak memiliki sosok yang dapat menjadi magnet untuk bisa didorong ke dalam arena pilpres. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: