PDIP Umumkan Ganjar, PKB: Fokus KKIR, Koalisi Besar Masih Wacana

 PDIP Umumkan Ganjar, PKB: Fokus KKIR, Koalisi Besar Masih Wacana

Ketua Umum Parta Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar.--

PDIP Umumkan Ganjar, PKB: Fokus KKIR, Koalisi Besar Masih Wacana - Setelah PDIP resmi mengumumkan Ganjar Pranowo menjadi calon presiden di Pemilu 2024, sejumlah politisi ikut merespons. 

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan Ganjar bakal menjadi pertimbangan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) sebelum mengumumkan bakal capres dan cawapres yang akan diusung.

"Pengumuman yang dilakukan PDIP ini akan menjadi bagian dari pertimbangan sekaligus membaca langkah-langkah ke depan untuk menentukan kapan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden," kata Jazilul, Jumat 21 April 2023.

Jazilul berharap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dapat segera mengumumkan bakal capres dan cawapres yang akan diusung KKIR untuk Pilpres 2024.

BACA JUGA:PPP Usulkan Sandiaga Uno dan Erick Thohir Jadi Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

"Berharap secara pribadi agar mandat yang diberikan kepada Pak Prabowo dan Gus Muhaimin untuk menentukan pasangan capres dan cawapres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya segara diumumkan," ujarnya.

Ketika dikonfirmasi kapan momentum KKIR mengumumkan bakal capres dan cawapres yang akan diusung, Jazilul merespons dengan mengatakan semua tergantung Prabowo dan Gus Muhaimin.

Dia menyebut keputusan penentuan bakal capres dan cawapres oleh Prabowo dan Muhaimin merupakan keputusan koalisinya.

Ia menegaskan komitmen PKB dan Partai Gerindra untuk terus membangun soliditas.

BACA JUGA:Positif-Negatif PDIP Usung Ganjar Jadi Capres

"Karena PKB sudah melakukan kontrak politik dengan Partai Gerindra, sudah membangun piagam, dan menandatangani piagam kerja sama," ucapnya.

Jazilul juga mengatakan, pengumuman bakal capres PDI Perjuangan mempercepat wacana pembentukan koalisi besar segera terealisasi. 

PKB ingin berfokus pada KKIR terlebih dahulu yang telah resmi menandatangani Deklarasi Koalisi Pemilu 2024.

"Lebih baik Pak Prabowo dan Gus Muhaimin menjalankan apa yang menjadi mandat dalam piagam kerja sama politik PKB dan Gerindra di poin keempat bahwa calon presiden dan calon wakil presiden dari koalisi PKB dan Gerindra diberikan mandatnya kepada Pak Prabowo dan Gus Muhaimin," tuturnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: