Dampak Positif-Negatif Ganjar Jadi Capres PDI Perjuangan di Pemilu 2024

Dampak Positif-Negatif Ganjar Jadi Capres PDI Perjuangan di Pemilu 2024

Capres PDIP Ganjar Pranowo pulang satu mobil dengan Presiden Jokowi seusai deklarasi Capres PDIP oleh Ketum PDIP Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). --

Ganjar Jadi Capres PDI Perjuangan - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah memutuskan untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden di Pemilu 2024. 

Pengamat politik Universitas Jember Hermanto Rohman MPA memaparkan dampak positif dan negatif dipilihnya Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PDIP. 

"Akhirnya Megawati mengumumkan capres PDIP Ganjar Pranowo," kata Hermanto, Jumat 21 April 2023. 

Menurutnya, yang menarik dari pengumuman itu disampaikan secara daring dan didampingi langsung oleh Joko Widodo (Jokowi) dalam kapasitasnya sebagai presiden dan promotor Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:Disaat Ganjar Diumumkan Jadi Capres PDIP, Gibran Unggah Foto Berambut Putih: Biar Sama

Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri secara resmi menetapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Indikasinya kuat bahwa itu adalah bagian dari hasil kesuksesan lobi pertemuan Jokowi sebagai presiden dengan Megawati dan juga elit partai terutama Puan Maharani untuk mempromosikan agar PDIP memutuskan pencapresan Ganjar Pranowo," tuturnya.

Namun, kalau dipotret dari pidato Jokowi saat pencapresan yakni menekankan keberlanjutan pemerintahan terutama dalam kepentingan global selain masalah kerakyatan. 

Sehingga hal itu menjadi titik lemah Ganjar Pranowo yang memang belum ada indikasi pengkaderan ke arah sana.

BACA JUGA:Bukan Cuma Elektabilitas, Ini Alasan Ganjar Ditetapkan Sebagai Capres PDI Perjuangan

"Dalam kebijakan pemerintahan, sebetulnya prestasi Ganjar Pranowo tidak mencolok karena masih kalah dengan Khofifah sebagai Gubernur Jatim karena Ganjar juga masih punya track record yang buruk kaitan kasus Wadas dan Rembang," katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, hal tersebut tertutupi keberhasilan Ganjar membangun citra figur merakyat dan membaur sebagaimana yang beredar dalam konten maupun media sosial.

"Sikap Ganjar yang menolak kedatangan Timnas Israel hingga batalnya menjadi tuan rumah Piala Dunia itu merupakan ujian baginya sebagai kader PDIP yang menguatkan loyalitas sebagai petugas partai, namun itu berdampak mengurangi elektabilitas Ganjar," ucapnya.

Apabila dilihat dari survei, lanjut dia, tren popularitas Prabowo naik, maka bisa jadi para pihak yang kecewa dengan sikap Ganjar tersebut maka bisa bergeser ke figur Prabowo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: