Survei Elektabilitas Capres: Prabowo Subianto Teratas, Ganjar Pranowo Anjlok Gegara Tolak Israel

Survei Elektabilitas Capres: Prabowo Subianto Teratas, Ganjar Pranowo Anjlok Gegara Tolak Israel

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (kanan) menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kiri) di rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri--

Survei Elektabilitas Capres- Lembaga Survei Indonesia atau LSI merilis hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) pada pemilihan Presiden 2024 mendatang. Survei LSI ini dilakukan sejak 31 Maret 2023 hingga 4 April 2023. 

Survei tersebut dilakukan dengan terget populasi survei adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dalam survei LSI ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. 

Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Kemudian wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

BACA JUGA:

Hasilnya, pada simulasi 3 pasangan capres, menunjukan Prabowo Subianto ungguli Ganjar Pranowo dengan perolehan suara sebesar 30 persen.

Sementara Ganjar Pranowo di posisi kedua sebanyak 26,9 persen. Kemudian disusul Anies Baswedan pada posisi ketiga dengan perolehan 25,3 persen. 

"Prabowo paling banyak dipilih 30.3%, kemudian Ganjar 26.9%, dan Anies 25.3%. Sekitar 17.5% belum menunjukkan pilihannya," tulisl LSI dalam siaran persnya, dikutip pada Senin 10 April 2023.

Dijelaskan bahwa, telah terjadi pergeseran yang sangat besar pada tiga besar capres terutama Ganjar Pranowo. Elektabilitas Ganjar disebut mengalami kemunduran. sementara Prabowo Subianto cenderung menguat, sementara Anies relatif tidak banyak berubah.

Elektabilitas Ganjar Pranowo dinilai anjlok kemungkinan besar akibat penolakan Israel di Piala Dunia U-20 hingga menyebabkan FIFA coret Indonesia sebagai tuan rumah. 

"Ada kemungkinan pernyataan Ganjar Pranowo terkait timnas Israel sehingga terjadi pembatalan penyelenggaraan Piada Dunia U-20 di Indonesia," tulis LSI.

Sementara itu, untuk calon wakil presiden, nama Ridwan Kamil teratas sebesar 19.6 persen. Kemudian disusul Sandiaga Salahuddin Uno sebesar 18.9 dan Erick Thohir sebesar 13.0. Lalu di bawahnya ada Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebesar 9.1 persen. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: