Masjid Ini Bakal Menggelar Salat Idul Fitri Dua Kali

Masjid Ini Bakal Menggelar Salat Idul Fitri Dua Kali

Dua lembar spanduk yang dipasang Takmir Masjid Al Muhajirin, Desa Purwosari, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Kamis (20/4/2023), yang berisi undangan untuk menghadiri shalat Id yang akan diselenggarakan dua kali, yakni pada 21 April dan 22 April -Takmir Masjid Al Muhajirin-Takmir Masjid Al Muhajirin

Masjid Ini Bakal Menggelar Salat Idul fitri Dua Kali - Sebuah masjid di wilayah Banyumas, Jawa Tengah akan menggelat Salat Idul Fitri sebanyak dua kali. 

Salat Idul Fitri pertama akan dilaksanakan pada Jumat, 21 April 2023 dan yang kedua pada Sabtu, 22 April 2023.

Adalah Masjid Al Muhajirin yang berada di Desa Purwasari, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Ketua Takmir Masjid Al Muhajirin Totok Agung Dwi Haryanto mengatakan pihaknya siap menggelar Salat Idul Fitri hingga dua kali jika terjadi perbedaan penetapan waktu 1 Syawal 1444 Hijriah.

BACA JUGA:

"Tahun ini di Indonesia diperkirakan akan ada dua waktu Hari Raya Idul Fitri, sehingga Shalat Id akan dilaksanakan dua kali. Pertama, Shalat Id bagi yang menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023, sedangkan kedua bagi yang menetapkan Idul Fitri pada 22 April," katanya, Kamis, 20 April 2023.

Dikatakannya jatuhnya 1 Syawal 1444 H pada hari Jumat (21/4) didasarkan pada metode perhitungan atau hisab, sedangkan kemungkinan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu (22/4) didasarkan pada metode rukyah. 

Menurutnya, kedua Hari Raya Idul Fitri dengan dua Salat Idul Fitri itu adalah sama benarnya dan tidak ada yang salah, perbedaan hanya metode penentuannya.

Terkait dengan hal itu, Takmir Masjid Al Muhajirin pada hari Selasa (18/4) telah menggelar rapat panitia Shalat Id dan menghasilkan keputusan untuk menyelenggarakan Shalat Id dua kali yakni pada hari Jumat (21/4) dan Sabtu (22/4).

BACA JUGA:

"Pertimbangan penyelenggaraan Shalat Id dua kali adalah untuk memenuhi keinginan jamaah. Takmir masjid adalah pelayan jamaah," jelas Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto itu.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam rapat panitia ternyata diperoleh bahwa sebagian besar jamaah laki-laki menghendaki Shalat Id pada hari Jumat (21/4) dan sebaliknya jamaah perempuan menghendaki Shalat Id pada hari Sabtu (22/4).

Atas dasar keinginan jamaah tersebut, kata dia, panitia akhirnya mengambil jalan tengah dengan mempertimbangkan kemaslahatan dan persatuan jamaah.

Dalam hal ini Shalat Id pada hari Jumat (21/4) akan dilaksanakan di Lapangan Adipura 4/5 samping Masjid Al Muhajirin dengan imam dan khatib Ustadz M Syahid Asghar MA MSos selaku Pengasuh Pondok Tahfizh Cendekia, Desa Pamijen, Kecamatan Sokaraja, Banyumas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: