Puncak Arus Mudik, Tiga Ribu Lebih Kendaraan Melintasi GT Cikupa Tangerang Merak

Puncak Arus Mudik, Tiga Ribu Lebih Kendaraan Melintasi GT Cikupa Tangerang Merak

Puncak arus mudik Libur Nataru diprediksi terjadi mulai 22 Desember 2023-Foto: Ilustrasi/Dok/FIN-

Puncak Arus Mudik, Tiga Ribu Lebih Kendaraan Melintasi GT Cikupa Tangerang Merak - Lebih dari tiga ribu kendaraan roda empat melintas di Gerbang Tol (GT) Tangerang Merak pada puncak arus mudik atau H-3 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

Kepala satuan Patroli Jalan Raya (Kasat PJR) Tol Tangerang-Merak Kompol Wiratno mengatakan, sebanyak 3.039 kendaraan roda empat telah melintasi GT Cikupa KM 31 pada pada puncak arus mudik atau H-3 Lebaran.

Kata dia, volume kendaraan yang melintasi GT Cikupa Tangerang Merak tertinggi terjadi pukul 18.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

"Dan dari 22.00 - 23.00 WIB tercatat ada 3.039 kendaraan perjam melintas ke GT Cikupa," kata Kompol Wiratno kepada wartawan, Rabu 19 April 2023 malam.

BACA JUGA:

  1. Ada Hambatan di Jalan? Berikut 12 Pospam Mudik Satpol PP Kabupaten Tangerang
  2. Cuti Lebaran, Cetak e-KTP di Kota Tangerang Tetap Dilayani

Menurutnya, arus kendaraan yang melintas di gerbang tol ini dinilai paling tinggi sejak awal puncak mudik lebaran dengan sudah mencapai lebih dari 3.000 kendaraan melintas per jamnya.

"Sebelumnya masih landai pada pukul 20.00 WIB sampai 21.00 WIB atau dengan jumlah 2.047 kendaraan yang melintas per jamnya," katanya.

Dia menjelaskan, dari hasil pantauan dengan kondisi kendaraan yang tiba sore sampai malam Kamis (20/04), di GT Cikupa itu sempat mengalami kepadatan.

Dimana, antrian mobil pemudik tersebut sampai menggular sepanjang 200 meter. Sehingga dengan kondisi itu, diperkirakan jumlah kendaraan akan terus mengalami peningkatan sampai dini hari.

BACA JUGA:

  1. Jelang Lebaran Bupati Tangerang Sidak Rumah Sakit: Petugas Harus Maksimal Layani Pasien
  2. Lepas Ribuan Pemudik, Wali Kota: 40 Persen Penduduk Tangerang Pendatang

"Jadi dengan keadaan seperti  ini dari PJR Tol Tangerang Merak, sudah berupaya untuk mengurangi situasi lalin dengan mengalihkan kendaraan-kendaraan yang memang sudah ada larangan seperti kendaraan bertonase berat ke arah Pasar Kemis jalur arteri," jelasnya.

Dia juga mengatakan, puncak arus mudik, khususnya kendaraan yang melintas di Tol Tangerang-Merak diperkirakan hanya terjadi pada Rabu hingga Kamis (20/04) malam.

"Mudah-mudahan besok sudah mulai ada pelandaian volume kendaraan menuju Merak ini," ujarnya

"Namun, kita akan tetap antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi baik lonjakan secara sporadis. Jadi kita sudah siap antisipasi itu," sambungnya. 

BACA JUGA:

  1. Alhamdulillah, Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak Ramai Lancar
  2. Hingga H-4 Lebaran Total Kendaraan Yang Masuk ke Tol Tangerang Merak Mencapai 60 Ribu Lebih

Dia menambahkan, sepanjang masa mudik Lebaran ini, pihaknya tidak menemukan kendala yang cukup signifikan, apa lagi kejadian fatal seperti kecelakaan lalu lintas.

"Alhamdulilah selama arus lalin mudik ini berjalan aman, tidak ada kejadian hal yang tidak di inginkan atau kejadian fatal yg menonjol," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: