Terjadi Gerhana Matahari Hibrid 20 April 2023, Lihat Lokasi dan Waktunya di Sini

Terjadi Gerhana Matahari Hibrid 20 April 2023, Lihat Lokasi dan Waktunya di Sini

Gerhana Matahari-ist-ist

Gerhana Matahari Hibrid 20 April 2023- Tanggal 20 April 2023 sebagian wilayah di Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari total. 

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Johan Muhamad mengatakan, gerhana matahari tahun 2023 ini merupakan gerhana matahari yang spesial. 

Sebah gerhana Matahari yang akan terjadi pada 20 April 2023 merupakan gerhana Matahari hibrid yang jarang terjadi. 

Gerhana matahari hibrid adalah fenomena gerhana matahari yang terjadi ketika bulan melewati tengah-tengah matahari, tetapi ukuran bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh matahari. 

Oleh karena itu, gerhana matahari hibrid terlihat seperti gerhana total di beberapa daerah dan gerhana cincin di daerah lainnya. 

BACA JUGA:

Gerhana matahari hibrid hanya terjadi selama beberapa menit dan hanya bisa dilihat dari wilayah tertentu di bumi. Fenomena gerhana matahari hibrid sangat langka, terjadi kurang dari 5% dari seluruh gerhana matahari.

Gerhana Matahari Hibrida yang akan terjadi pada 20 April di Indonesia akan berlangsung selama 3 jam 5 menit mulai dari durasi kontak awal hingga akhir. 

"Jika diamati dari Biak dengan durasi fase tertutup total 58 detik. Sementara itu jika diamati dari Jakarta, durasi dari kontak awal hingga akhir adalah 2 jam 37 menit. Namun jika diamati dari Jakarta, persentase tertutupnya matahari hanya sebesar 39%" kata Johan Muhamad belum lama ini. 

BACA JUGA:

Johan menambahkan bahwa Indonesia sendiri, sudah mengalami gerhana matahari beberapa kali yaitu pada tahun 1983 terjadi Gerhana Matahari Total. Kemudian Gerhana Matahari Cincin tahun 2019, dan Gerhana Matahari Total tahun 2016.

Di wilayah Indonesia, gerhana Matahari hibrid akan teramati sebagai gerhana Matahari total (GMT). 

GMT akan teramati khususnya di wilayah Indonesia bagian timur, sementara di daerah Indonesia lainnya akan teramati sebagai gerhana Matahari parsial. 

Gerhana Matahari ini akan teramati sebagai gerhana matahari cincin di wilayah selatan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: