Jadwal Lengkap Waktu Terjadinya Besok Gerhana Matahari di Seluruh Indonesia

Jadwal Lengkap Waktu Terjadinya Besok Gerhana Matahari di Seluruh Indonesia

3 Jenis Gerhana Matahari, Image oleh Darren Vannoy dari Pixabay--

Jadwal Lengkap Waktu Terjadinya Gerhana Matahari Hibrida - Besok, Kamis 20 April 2023 akan terjadi fenomena langka di Indonesia, yaitu Gerhana Matahari Hibrida.

Fenomena Gerhana Matahari Hibidra bisa disaksikan oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Perlu diketahui Gerhana Matahari Hibrida Dosen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Premana W Premadi yaitu gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari total.

"Peristiwa yang jarang dan tentunya Indonesia beruntung sekali bisa mendapatkan gerhana matahari total," ujarnya  di Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ), Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 6 April 2023.

BACA JUGA:

BACA JUGA:

Premana mengatakan fenomena gerhana matahari total berikutnya akan kembali melintasi Indonesia pada 2042.

Gerhana matahari terjadi saat bulan melintas di antara matahari dan bumi, sehingga cahaya matahari terhalang sebagian atau seluruhnya oleh piringan bulan.

Terdapat beberapa jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari parsial, dan gerhana matahari hibrida.

Gerhana matahari hibrida terjadi ketika dalam satu waktu fenomena gerhana ada daerah yang mengalami gerhana matahari total dan ada pula yang mengalami gerhana matahari cincin, penampakan itu tergantung dari lokasi pengamat. Kejadian itu disebabkan oleh lengkungan bumi.

 BACA JUGA:

 BACA JUGA:

Terjadinya gerhana disertai pula oleh peristiwa pasang surut laut maksimum akibat letak matahari, bulan, dan bumi yang praktis segaris.

Selain itu, perilaku makhluk hidup yang berubah seperti hewan malam ikut terpengaruh atau berlaku sebaliknya, makhluk siang seketika bersembunyi karena siang yang cerah mendadak gelap layaknya malam.

Jadwal Lengkap Gerhana Matahari Hibrida 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: