Prajurit TNI Gugur di Papua, DPR: Segera Libatkan TNI Berantas KKB Papua

Prajurit TNI Gugur di Papua, DPR: Segera Libatkan TNI Berantas KKB Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua-ist-net

Prajurit TNI Gugur di Papua, DPR: Segera Libatkan TNI Berantas KKB Papua - Seorang prajurit TNI gugur diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Nduga. 

Selain itu, sejumlah anggota TNI juga masih hilang kontak usai penyerangan KKB Papua.

Terkait insiden tersebut, anggota Komisi I DPR Christina Aryani meminta pemerintah segera melibatkan TNI dalam menghadapi KKB Papua. 

Christina Aryani menyampaikan rasa dukanya atas gugurnya Pratu Miftahul Arifin di pos penjagaan TNI penyelamat pilot Susi Air.

BACA JUGA:

"Dukacita mendalam pada keluarga besar TNI dan keluarga prajurit TNI Pratu Miftahul Arifin yang gugur," ujarnya dalam keterangannya, Senin, 17 April 2023.

Dia berharap prajurit lain yang masih dalam pelarian dapat segera ditemukan dalam kondisi selamat. 

Meski begitu, informasi yang didapatkan sejauh ini masih simpang siur, tapi dia percaya situasi ini bisa diatasi dengan baik.

Dia menilai kesempatan ini dapat menjadi momentum evaluasi secara menyeluruh terkait kebijakan keamanan di Papua. 

BACA JUGA:

Untuk itu, perlu ada kebijakan jelas dari Pemerintah Pusat karena faktanya eskalasi gangguan keamanan di Papua tidak bisa lagi diselesaikan dengan cara-cara biasa seperti yang dilakukan selama ini.

"Pertanyaannya apakah kebijakan itu sudah dirumuskan pemerintah? Atau mungkin ada tapi bersifat parsial dalam skala kecil untuk merespon kasus demi kasus saja?" katanya.

Menurut dia, peta besar solusi gangguan keamanan di Papua harus segera dirumuskan. 

Sebab, beberapa kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Papua dan berfokus pada pendekatan pembangunan ekonomi, akan tetapi kurang memberi penekanan pada aspek gangguan keamanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: