Prajurit TNI Gugur Ditembaki KKB Papua, Panglima TNI Instruksikan Kerahkan Bantuan Tempur

Prajurit TNI Gugur Ditembaki KKB Papua, Panglima TNI Instruksikan Kerahkan Bantuan Tempur

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono-ist-net

Prajurit TNI Gugur Ditembaki KKB Papua, Panglima TNI Instruksikan Kerahkan Bantuan Tempur - Seorang prajurit Yonif 321/GT bernama Pratu Miftahul Airifin gugur usai ditembaki kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Mugi-Man, Nduga. 

Pratu Arifin gugur saat aparat tengah menyisir wilayah itu untuk mendekati posisi Pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang disandera KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Terkait penyerangan KKB Papua terhadap prajurit TNI, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono mengatakan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono telah memerintahkan memberi bantuan tempur.

"Panglima TNI Yudo Margono secara terus menerus memerintahkan untuk melakukan pencarian dan bantuan tempur dengan kekuatan maksimal (terkait dengan insiden penembakan prajurit TNI oleh KKB di Mugi-Man, Nduga)," ujarnya di Balai Wartawan Puspen TNI Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu, 16 April 2023.

BACA JUGA:

Dijelaskannya, Panglima TNI akan melakukan evaluasi mendalam terkait dengan insiden tersebut. 

Meski demikian, operasi penyelamatan Pilot Susi Air yang disandera tersebut tetap dilanjutkan sebagaimana perintah Panglima TNI agar tak ragu-ragu dalam melakukan operasi bersifat humanis itu.

"Panglima TNI turut berdukacita atas gugurnya prajurit terbaik TNI Pratu Arifin pada 15 April 2023 pukul 16.30 WIT," ujar dia.

Sebelumnya pada Rabu (5/4), Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono optimistis Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Egianus Kogoya bisa dibebaskan dengan selamat.

BACA JUGA:

"Insyaallah optimistis. Ya, optimistis," ujar Yudo.

Yudo optimistis Philip selamat apabila pembebasan dilakukan dengan cara persuasif. Menurut dia, jika penyelamatan dilakukan dengan cara militer, KKB tidak segan untuk menembak pilot tersebut.

"Apabila saya bebaskan dengan cara militer, saya sudah monitor dari pembicaraan, 'nanti kalau ketemu TNI bunuh saja, tembak saja, nanti biar TNI yang dituduh membunuh pilot ini'," kata dia.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: