Kronologi Anggota TNI Ditembaki KKB Papua di Nduga Lalu Hilang Kontak

Kronologi Anggota TNI Ditembaki KKB Papua di Nduga Lalu Hilang Kontak

Pilot Susi Air disandera KKB Papua --

Kronologi Anggota TNI Ditembaki KKB Papua di Nduga Lalu Hilang Kontak - Sejumlah anggota TNI hilang kontak setelah diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dalam upaya penyelamatan Pilot Susi Air Phillip Mehrtens.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono dalam insiden penyerangan yang dilakukan KKb Papua, seorang prajurit TNI gugur dan sejumlah lainnya hilang kontak di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu, 15 April 2023.

Prajurit TNI yang gugur  merupakan anggota Yonif 321/GT.

"Sampai pukul 14.03 WIB, informasi yang saya terima secara fisik baru satu orang. Hanya satu orang atas nama Pratu Arifin (Pratu Miftahul Arifin)," katanya di Mabes TNI, Jakarta Timur, Minggu, 16 April 2023. 

BACA JUGA:

Sementara jumlah prajurit TNi yang hilang kontak, Julius belum bisa memastikan berapa jumlahnya termasuk kondisi mereka. Karena terkendala cuaca untuk mencari mereka. 

"Kondisi prajurit yang lainnya saat ini masih ada di beberapa lokasi. Kami kesulitan menghubungi karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Untuk itu Panglima TNI secara terus-menerus memerintahkan untuk melakukan pencarian dan bantuan tempur dengan kekuatan maksimal," katanya. 

Dijelaskannya, peristiwa berawal saat Pratu Arifin bersama dengan rombongan Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di Mugi sedang mencoba menyisir wilayah itu untuk mendekati posisi Pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang disandera KKB Papua.

BACA JUGA:

Namun kemudian, ada serangan dari KKB yang menyebabkan Pratu Arifin terjatuh ke jurang kedalaman 15 meter.

"Ketika mencoba untuk menolong, tetapi mendapatkan serangan ulang. Kondisi lainnya masih dalam tahap pendalaman," lanjut dia.

Terkait dengan insiden itu, Julius mengimbau seluruh pihak untuk menerima informasi resmi dari Puspen TNI, termasuk tidak langsung mempercayai informasi mengenai adanya enam prajurit TNI yang gugur dalam insiden di Nduga tersebut.

BACA JUGA:

"Sekali lagi, saya mohon untuk mengambil informasi dari kami agar tidak simpang siur," kata dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: