Imbauan Mudik Lebaran, BMKG: Para Pemudik Diminta Pantau Cuaca Sebelum Berangkat

Imbauan Mudik Lebaran, BMKG: Para Pemudik Diminta Pantau Cuaca Sebelum Berangkat

Ilustrasi, Hujan deras--PMJ news

BMKG: Para Pemudik Diminta Pantau Cuaca Sebelum Berangkat - Sebelum berangkat mudik, masyarakat diminta untuk mewaspadai cuaca.

Para pemudik harus mempersiapkan segala sesuatunya menghadapi perubahan cuaca selama dalam perjalanan mudik Lebaran 2023.

Imbauan mudik lebaran 2023 disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar masyarakat dapat mewaspadainya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca dalam perjalanan mudik, BMKG telah menyiapkan pantauan cuaca hingga lokasi kecamatan.

 BACA JUGA:

Untuk pantauan cuaca, masyarakat bisa mengakses langsung pantauan cuaca milik BMKG.

"Masyarakat dapat mengakses situs web resmi yang diluncurkan BMKG untuk pantauan selama mudik di publik.bmkg.go.id/cuaca-mudik/," kata Koordinator Bidang Layanan Informasi BMKG Agus Fitrianto, Minggu, 16 April 2023. 

Pantauan prakiraan berbasis dampak hingga skala kecamatan yang merupakan sinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dinamakan Signature BMKG. 

Dia mengatakan, masyarakat bisa mengakses pantauan cuaca baik darat, laut, maupun udara pada satu situs tersebut. 

BACA JUGA:

"Selain itu, masyarakat juga bisa memantau media sosial resmi infobmkg baik di instagram, youtube, maupun twitter," kata Agus.

Kemudian, bagi pemudik yang menempuh jalur udara bisa mengakses BMKG SIAM, dan INA-WIS BMKG bagi yang ingin memantau prakiraan cuaca di jalur laut.

Adapun pantauan yang dilaporkan BMKG hingga Minggu pukul 13.00-19.00 masih relatif aman bagi pemudik, karena di jalur darat, kondisi cuaca di Pulau Jawa relatif cerah hingga berawan.

Adapun pantauan yang dilaporkan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir pada jalur mudik diperkirakan terjadi di Aceh, Riau, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: