Berikut Pengertian Pencucian Uang Disertai Contoh dan Perbedaan dengan Korupsi

Berikut Pengertian Pencucian Uang Disertai Contoh dan Perbedaan dengan Korupsi

Pengertian pencucian uang. Ilustrasi Uang dolar. -Pexels.com-

Pengertian Pencucian Uang- Akhir-akhir ini banyak pejabat negara di tanah air yang terlibat tindakan pencucian uang. 

Sebagian dari pejabat yang melakukan pencucian uang ini terjaring operasi tangkap tangan atau OTT oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. 

Tapi apa itu pencucian uang? Berikut pengertian pencucian uang disertai contohnya: 

Pengertian Pencucian Uang

Pencucian uang atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai money laundering adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menyembunyikan asal-usul uang yang didapatkan secara ilegal atau tidak sah. Sehingga uang tersebut bisa digunakan tanpa diketahui oleh pihak yang berwenang. 

Tujuan dari pencucian uang adalah untuk menutupi jejak dan sumber uang yang didapatkan secara ilegal atau tidak sah. 

Orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut dapat memanfaatkan uang tersebut tanpa dicurigai oleh pihak yang berwenang.

BACA JUGA:

Contoh pencucian Uang

1. Transaksi Palsu

Salah satu cara pencucian uang yang paling umum adalah dengan menggunakan transaksi palsu atau fiktif. Misalnya, seseorang dapat membuat faktur palsu untuk sebuah transaksi yang tidak pernah terjadi dan kemudian menggunakan faktur tersebut untuk melegitimasi uang yang diperoleh secara ilegal.

2. Bisnis Front

Bisnis front atau perusahaan palsu adalah bisnis yang digunakan untuk menyembunyikan uang hasil kegiatan ilegal. Bisnis front sering kali didirikan sebagai bisnis yang legal dan digunakan sebagai tempat untuk mencuci uang yang didapatkan dari kegiatan ilegal.

3. Penggunaan Rekening Bank

Penggunaan rekening bank juga merupakan cara yang umum digunakan untuk mencuci uang. Orang yang terlibat dalam kegiatan ilegal sering kali membuka rekening bank palsu atau menggunakan rekening bank milik orang lain untuk menyimpan dan mentransfer uang hasil kegiatan ilegal.

4. Investasi Palsu

Investasi palsu adalah cara lain untuk mencuci uang. Orang yang terlibat dalam kegiatan ilegal dapat menginvestasikan uang hasil kegiatan ilegal ke dalam investasi palsu yang terlihat sah dan legal. Investasi palsu sering kali digunakan untuk menutupi jejak uang yang didapatkan secara ilegal.

5. Perjudian

Perjudian juga sering digunakan sebagai cara untuk mencuci uang. Orang yang terlibat dalam kegiatan ilegal dapat menggunakan uang hasil kegiatan ilegal untuk berjudi dan kemudian mengklaim kemenangan sebagai uang yang sah dan legal.

Pencucian uang adalah kegiatan ilegal yang sangat merugikan bagi negara dan masyarakat. 

Oleh karena itu, pemerintah dan lembaga penegak hukum harus bekerja sama untuk mencegah dan memberantas kegiatan pencucian uang dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan seperti mengembangkan peraturan-peraturan yang ketat, meningkatkan pengawasan dan melakukan tindakan hukum terhadap pelaku kejahatan pencucian uang. 

Perbedaan Pencucian Uang dengan Korupsi: 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: