Traffic Meningkat 4.1 Persen, Begini Antisipasi ASTRA Tol Cipali Dukung Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Traffic Meningkat 4.1 Persen, Begini Antisipasi  ASTRA Tol Cipali Dukung Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis (tengah), dalam agenda media gathering Kesiapan Tol Cipali Dalam Mendukung Mudik 2023, Jumat 14 April 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

ASTRA Tol Cipali – PT Lintas Marga Sedaya yang kini memiliki branding name ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) memprediksi adanya kenaikan volume lalu lintas di Ruas Tol Cikopo-Palimanan pada periode arus mudik lebaran 2023 sebesar 4,1 persen dibandingkan dengan tahun 2022 pada periode yang sama. 

Sebanyak 121 ribu kendaraan akan diprediksi melintas di Ruas Tol Cipali pada puncak arus mudik di H-3 atau di tanggal 19 April 2023.

“Kami memprediksi peningkatan arus mudik di Tol Cipali akan meningkat 4,1 persen atau sebanyak 121 ribu kendaraan akan melintas pada H-3 arus mudik. Sedangkan prediksi arus balik sebanyak 139 ribu kendaraan akan melintas pada H+3 setelah lebaran,” jelas Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali Firdaus Azis, dalam agenda media gathering Kesiapan Tol Cipali Dalam Mendukung Mudik 2023, Jumat 14 April 2023. 

Firdaus mengatakan, pihaknya juga telah menyelesaikan pekerjaan pelebaran lajur ke-3 di depan rest area KM 86, 102 dan 130 di tanggal 13 April 2023. 

BACA JUGA:

  1. Jelang Arus Mudik, Begini Persiapan Astra Tol Antisipasi Lonjakan Kendaraan di Tol Tangerang Merak
  2. Dear Pemegang Saham AUTO, Siap-siap Astra Otoparts Bakal Bagi Dividen Rp110 Per Lembar, Catat Jadwalnya!

“Kami berharap pelebaran lajur ke-3 skala prioritas di di depan rest area dapat mengurai kepadatan yang terjadi. Sedangkan pelebaran pertemuan antara Jasa Marga dengan ASTRA Tol Cipali akan dimulai kembali setelah lebaran,” tambah Firdaus.

Firdaus juga memastikan, ASTRA Tol Cipali telah menyiapkan berbagai antisipasi dalam mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di beberapa titik seperti rest area yang menjadi lokasi favorit para pengguna jalan dalam beristirahat. 

Salah satunya dengan pengaturan waktu istirahat di rest area yang bekerjasama dengan Kepolisian wilayah apabila kapasitas daya tampung di rest area sudah memasuki 70 persen dengan melakukan imbauan untuk dapat beristirahat di rest area selanjutnya, ataupun keluar gerbang tol terdekat agar dapat beristirahat dengan maksimal.

Dengan adanya peningkatan volume lalu lintas selama arus mudik lebaran 2023, lanjut Firdaus, pihaknya juga menambah berbagai fasilitas di rest area demi meningkatkan kenyamanan pengguna jalan dengan penambahan toilet di rest area KM 86 arah Jakarta dan Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir serta di rest area 130 arah Jakarta dengan penambahan 32 bilik toilet.

BACA JUGA:

  1. Catat, Jadwal Ganjil Genap Mudik Lebaran 2023 di Jalan Tol
  2. Diskon Tarif Tol 20 Persen untuk Jalan Tol Tangerang-Merak dan Tol Trans Sumatera

Tidak hanya itu kapasitas kantong parkir yang berada di rest area KM 86 arah Jakarta dan Cirebon di Ruas Tol Cipali mampu menampung kendaraan sampai dengan 150 kendaraan. 

Dan rest area KM 130 arah Jakarta dan Cirebon dapat menampung 350 kendaraan pemudik. Untuk rest area tipe A yang berada di KM 102, 101, 166 dan 164 memiliki kapasitas kantong parkir lebih dari 700 kendaraan.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: