Intip Besaran Gaji Dosen Tetap Non PNS, Ternyata Cuma Segini...

Intip Besaran Gaji Dosen Tetap Non PNS, Ternyata Cuma Segini...

Dosen mengajar. -Pexels.com-

Intip Besaran Gaji Dosen Tetap Non PNS- Dosen non PNS atau dosen tetap tidak berstatus pegawai negeri sipil (PNS) pada umumnya mendapatkan gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan dosen yang berstatus PNS. 

Namun, besaran gaji dosen non PNS sendiri dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti perguruan tinggi tempat bekerja, jabatan akademik, pengalaman kerja, dan negara tempat bekerja.

Di Indonesia, besaran gaji dosen non PNS pada umumnya ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi atau institusi tempat bekerja. 

Sebagai contoh, menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), besaran gaji dosen non PNS pada perguruan tinggi negeri di Indonesia berkisar antara Rp 4,5 juta hingga Rp 10 juta per bulan tergantung pada tingkatan jabatan akademik.

BACA JUGA:

Untuk perguruan tinggi swasta, besaran gaji dosen non PNS dapat lebih rendah daripada perguruan tinggi negeri, tergantung pada kebijakan masing-masing institusi. 

Besaran gaji dosen non PNS pada perguruan tinggi swasta di Indonesia dapat berkisar antara Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta per bulan tergantung pada tingkatan jabatan akademik.

Dosen tetap non-PNS mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan tunjangan.

Selain itu, dosen tetap non PNS juga memiliki fleksibilitas waktu yang lebih besar dan dapat lebih leluasa untuk menentukan jadwal kuliah dan penelitian. 

Selain itu, dosen non PNS juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari kegiatan penelitian dan proyek-proyek yang dilakukan di luar perguruan tinggi.

Sementara itu, berikut daftar gaji Dosen PNS:

Untuk Dosen PNS gaji yang diperoleh juga bervariasi. Dilansir dari situs Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), gaji dosen PNS dibagi berdasarkan golongannya dari III sampai IV.

Golongan III

Golongan III ini terdiri dari dosen yang baru terjun dan berkarya 0-1 tahun dengan lulusan pendidikan minimal S2-S3. 

Gaji yang diperoleh mulai dari Rp2.688.500 hingga Rp4.797.000 per bulan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: