KIR Mobile Disediakan di Sejumlah Terminal, Dishub DKI: Memudahkan dan Mempercepat Layanan

KIR Mobile Disediakan di Sejumlah Terminal, Dishub DKI: Memudahkan dan Mempercepat Layanan

Uji KIR Mobile di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta-Aditya Prabowo-rri.co.id

KIR Mobile Disediakan di Sejumlah Terminal - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan KIR Mobile di sejumlah terminal keberangkatan arus mudik Lebaran 2023 di Ibu Kota.

Layanan tersebut dilakukan untuk menjamin kelancaran dan keamanan perjalanan pemudik menuju kampung halaman.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan KIR Mobile yang disediakan diterminal sama baiknya dengan yang berada di lokasi pengujian.

"Untuk uji KIR Mobile sama saja dengan kita memindahkan uji mekanis di tempat pengujian ke terminal," katanya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu, 9 April 2023.

BACA JUGA:

Dijelaskannya, semua alat uji KIR Mobile di terminal sama dengan standar alat pengujian di tempat permanen. 

"Seluruh alatnya sama saja, ada 9 item yang diperiksa, keseluruhannya sama," katanya.

Syafrin menambahkan, KIR Mobile ini bertujuan untuk mempercepat pemeriksaan bus. "Jadi begitu ada bus yang belum uji KIR bisa melakukan perbaikan dan langsung uji KIR lagi," katanya.

Berdasarkan data yang disampaikan Syafrin sampai saat ini ada 1.500 bus dari 2.258 bus yang berpusat operasional (homebase) di Jakarta.

 BACA JUGA:

"Ternyata yang sudah lulus uji KIR hanya 20 persen sehingga kami antisipasinya adalah menempatkan alat uji mekanis di Terminal (Kampung Rambutan) dan Terminal Pulo Gebang," kata Syafrin.

Syafrin juga mengungkapkan paling banyak masalah yang ditemui adalah pembersih air dan debu pada kaca (wiper) tidak berfungsi, sistem kelistrikan lampu serta ban gundul.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Otobus (PO) yang sudah diperiksa dan tidak lulus inspeksi keamanan perjalanan agar segera memenuhi hal-hal yang belum sesuai standar.

"Kami minta segera perbaiki bus agar ketika masa angkutan Lebaran mulai 14 April besok keseluruhan bus yang beroperasi dari Jakarta sudah laik jalan dan siap melayani masyarakat yang akan mudik," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: