Jelang Arus Mudik Lebaran, Dishub Tangerang Periksa Kelaikan Jalan Angkutan Umum

Jelang Arus Mudik Lebaran, Dishub Tangerang Periksa Kelaikan Jalan Angkutan Umum

Ramp Check Angkutan Umum di Pool KJU Citra Raya, Kabupaten Tangerang. --Rikhi Ferdian Untuk FIN

Jelang Arus Mudik Lebaran, Dishub Tangerang Periksa Kelaikan Jalan Angkutan Umum - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang melakukan ramp check atau pemeriksaan kelayakan jalan bagi angkutan umum, Kamis 6 April 2023.

Pemeriksaan kelaiakan jalan bagi angkutan umum jelang arus mudik lebaran ini dilakukan di Pool PO Putra KJU, Citra Raya, Panongan.

"Ramp check dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan kelaikan operasional angkutan penumpang," kata Kabid Keselamatan, Sarana, dan Prasarana, Surachman.

"Serta untuk meningkatkan keselamatan penumpang khususnya menjelang libur mudik lebaran Tahun 2023," imbuhnya.

BACA JUGA:

Selain itu, sambungnya, ramp check dilakukan guna memeriksa kesiapan armada bus yang nantinya akan digunakan dalam program mudik gratis 2023 Pemkab Tangerang.

Diutarakannya, pemeriksaan kelaikan jalan bagi angkutan umum ini merupakan manifestasi keselamatan lalulintas dan angkutan jalan, khususnya pada momen mudik lebaran.

"Pada kesempatan ini diprioritaskan untuk Angkutan Penumpang yang diperuntukkan Mudik Gratis, yaitu sejumlah 14 unit bus yang akan kami periksa kelayakan jalannya di PO. Putra KJU ini," ujarnya.

Dia melanjutkan, untuk memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan ada beberapa hal yang menjadi target pemeriksaan.

BACA JUGA:

Mulai dari kelengkapan Unsur Administrasi dan juga pemeriksaan Unsur Teknis Utama dan Unsur Teknis Pendukung dari kendaraan.

“Adapun Hasil dari kegiatan ini, dari total 7 bus yang diperiksa semuanya sudah memenuhi persyaratan dan laik jalan," ucapnya.

Meski begitu, lanjutnya, masih ada beberapa poin catatan yang harus dilakukan perbaikan pada kendaraan namun tidak begitu signifikan seperti lampu LED dengan bersinar blinking.

"Yang sebaiknya tidak digunakan khawatir akan mengganggu pengemudi kendaraan lainnya," imbuhnya.

BACA JUGA:

Pihaknya juga berpesan kepada para pemilik PO untuk terus meningkatkan kualitas sarana prasarana kendaraanya dan mempertahankan kelayakan kendaraannya.

Ia mengimbau seluruh stakeholder terkait dapat bersinergi dan meningkatkan fungsinya.

"Ini semata-mata guna menciptakan keselamatan masyarakat khususnya dalam aktivitas berlalu-lintas," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: