Jasamarga Balikpapan Samarinda Tingkatkan Kualitas Pelayanan Ruas Jalan Tol Balsam, Ini yang Dilakukan

Jasamarga Balikpapan Samarinda Tingkatkan Kualitas Pelayanan Ruas Jalan Tol Balsam, Ini yang Dilakukan

Rest area di ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda--PT Jasamarga Balikpapan Samarinda

Ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda - PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Tol Balsam), terus meningkatkan kualitas pelayanan di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Hal itu dilakukan guna menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol, khususnya jelang musim mudik Lebaran 2023. 

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda Jinto Sirait mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM), yang meliputi empat bidang layanan yaitu layanan konstruksi, layanan transaksi, layanan lalu lintas dan layanan tempat istirahat.

Di bidang layanan konstruksi, PT JBS telah melakukan peningkatan kualitas jalan tol diantaranya pemasangan guadrail, pengecatan marka jalan, penanaman tanaman penutup tanah atau (cover crop) dan  pembersihan Median Concrete Barrier (MCB) dilanjutkan dengan coating atau lapis ulang yang dilakukan pada dua sisi ruas dengan total penanganan sepanjang 34 KM. 

Pemenuhan SPM konsisten dilakukan dengan perbaikan jalan secara rutin dilakukan pada lokasi  KM 7+000 Jalur B, KM 17+400 Jalur B,KM 39+100 Jalur A, KM 69+400 Jalur A dan KM 24+700 Jalur B. 

BACA JUGA:

  1. Demi Mudik Lancar, Jasa Marga Fungsionalkan 4 Akses Tambahan Termasuk Tol Jakarta-Cikampek II Selatan
  2. 2,78 Juta Kendaraan Bakal Keluar Jabotabek Lewat 3 Ruas Tol ini, Jasa Marga Siapkan Antisipasi Arus Mudik

"Hingga bulan Maret 2023 kami telah melakukan pengecatan railing fence di Jembatan Manggar lokasi KM 12+600, perawatan drainase, pemotongan rumput dan pemeliharaan sarana pelengkap jalan (PJU)," ungkap Jinto dalam keterangan tertulisnya, Selasa 4 April 2023. 

Sebagai upaya pengamanan dan pencegahan terhadap longsor di KM 15+900 dan 14+450 jalur B, PT JBS akan melakukan perbaikan permanen lereng jalan tol KM 14+450 Jalur B dengan memasang steel sheetpile, serta proteksi permukaan lereng dengan talud pada KM 15+900 Jalur B.

Guna menunjang kelancaran pelayanan transaksi di gerbang tol, PT JBS menyediakan tambahan mobile reader serta memastikan kelancaran lalu lintas di lajur dengan menyiagakan kendaraan operasional berupa Mobile Customer Service, Patroli Jalan Raya (PJR), kendaraan rescue, derek dan ambulance. 

Program peningkatan kualitas jalan tol diharapkan dapat menjaga kelancaran, keamanan dan kenyamanan lalu lintas bagi pengguna jalan tol.

BACA JUGA:

  1. Jelang Arus Mudik, Jasa Marga Siapkan Tambahan Petugas Guna Antisipasi Lonjakan Volume Kendaraan
  2. Tol MBZ Rawan Macet Saat Arus Mudik, Harap Tenang Jasa Marga Sudah Siapkan Antisipasi

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,27 Km juga memiliki Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Km 36 A dan Km 37 B yang telah dilengkapi fasilitas SPBU (TIP Km 36 A), toilet, tempat ibadah, minimarket dan tenant UMKM.

Sebagai jalan tol pertama di Kalimantan Timur, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda senantiasa menjaga peningkatan pelayanan jalan tol untuk menjalankan peran dalam mempercepat pengembangan wilayah Kalimantan Timur dan mendukung percepatan distribusi barang dan jasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: