IHSG Hari ini Berpeluang Menghijau, Ini Faktor Penyebabnya

IHSG Hari ini Berpeluang Menghijau, Ini Faktor Penyebabnya

Ilustrasi - IHSG hari ini-Burak The Weekender-Pexels

IHSG Hari ini - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini, Senin 3 April 2023 berpeluang menguat. Bukan hanya hari ini, penguatan IHSG diprediksi bakal terjadi secara mingguan, imbas kenaikan suku bunga acuan Federal Reserve (The Fed) pada pertemuan Mei 2023 diprediksi menjadi yang terakhir.

Pengamat pasar modal, Hans Kwee, mengatakan meredanya kekhawatiran krisis perbankan global menjadi katalis positif kenaikan harga saham satu pekan terakhir. Hal itu kemudian menjadi sentimen positif IHSG hari ini

"Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang direvisi turun beserta Personal Consumption Expenditures (PCE) yang dilaporkan menyusut, mendorong pasar keuangan lebih optimistis bahwa inflasi mulai mereda," kata Hans dalam keterangan tertulis, Senin pagi.

Berlalunya krisis perbankan AS membuat pelaku pasar memperkirakan the Fed masih meneruskan kenaikan Fed Fund Rates sebesar 25 basis poin. Namun demikian diperkirakan kenaikan suku bunga pada pertemuan The Fed Mei merupakan yang terakhir.

BACA JUGA:

  1. Pagi-pagi Harga Saham GOTO Sudah Anjlok Lagi, Aksi Profit Taking Dituding Jadi Penyebab
  2. IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat, Ini Hasil Analisanya

Pelaku pasar menantikan data tenaga kerja AS yang diperkirakan angka pengangguran tetap sama di level 3,6 persen.

Sementara, dari dalam negeri, angka inflasi Indonesia diperkirakan turun ke posisi 5,2 persen dari 5,47 persen secara tahunan. 

Sedangkan inflasi inti diprediksi susut ke level 3,05  persen dari 3,09 persen.

"IHSG hari ini berpeluang konsolidasi menguat dengan support di level 6.760-6.692 dan resistance di 6.868-6.923," tutur Hans.

BACA JUGA:

  1. Harga Emas Antam 31 Maret 2023, Naik Signifikan Rp 6.000 Per Gram Jadi Segini
  2. Tips Cara Investasi Saham yang Baik dan Benar, Biar Cepat Dapat Cuan

Sebagai informasi, the Fed menaikkan suku bunga sebanyak sembilan kali sejak Maret 2022 hingga Maret 2023. Saat ini, Fed Fund Rate berada di level 4,75-5,00 persen.

Langkah ini diikuti Bank Indonesia, yang menaikkan suku bunga cukup tinggi hingga 5,75 persen per Maret.

Sebeklumnya, IHSG pada Jumat 31 Maret 2023 ditutup pada level 6.805,62. Nilai itu menunjukkan penguatan mingguan sebesar 0,64 persen dibanding Jumat 24 Maret 2023 yang berakhir di 6.762,25. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: