Jaga Cairan Tubuh Saat Puasa Ramadan, Ini Kiat Sederhana dan Dipastikan Sehat

Jaga Cairan Tubuh Saat Puasa Ramadan, Ini Kiat Sederhana dan Dipastikan Sehat

Manfaat Minum Air Hangat-ExplorerBob-Pixabay

BACA JUGA:Buah yang Baik Untuk Dikomsumsi Selama Puasa Ramadan, Bikin Tubuh Tetap Segar

Lebih lanjut mengenai kafein, pakar nutrisi Dr. Rowaidah Idris kepada Arab News pernah menyarankan orang-orang mencoba mengurangi asupan kafein sebulan sebelum Ramadan.

Tetapi, kalau tak bisa melakukannya kama meminum air yang cukup selama sahur dan berbuka puasa, tidur cukup dan mengurangi asupan gula serta menghindari makanan tinggi lemak dapat membantu mengatasi gejala ketergantungan.

Pakar gizi Anjali Chawla mengatakan berolahraga dapat membantu seseorang mengurangi kafein, karena kegiatan ini membuatnya berkeringat, melepaskan adrenalin seperti halnya kopi dan akan membuat dia merasa waspada.

BACA JUGA:Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung Selama Puasa Ramadan

Baik Idris maupun Chawla sepakat minum kopi selama atau setelah berbuka puasa serta sahur akan membuat seseorang mengalami insomnia dan dehidrasi yang akan menjadi tantangan selama puasa.

Keduanya juga menyarankan masyarakat mengurangi asupan kafein tidak hanya selama Ramadhan tetapi dalam beberapa bulan setelahnya. Asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai efek samping baik mental maupun fisik.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: