Apa Hukum Mandi Wajib Junub Jelang Puasa Ramadan? Jangan Salah Kapra Baca di Sini

Apa Hukum Mandi Wajib Junub Jelang Puasa Ramadan? Jangan Salah Kapra Baca di Sini

Orang mandi. -Pixabay - @olichel-

Apa Hukum Mandi Wajib Junub Jelang Puasa Ramadan? Jangan Salah Kapra Baca di Sini! - Sebentar lagi kita memasuki bulan suci Ramadan 1444 Hijriah atau bulan puasa 2023.

Biasanya, memasuki bulan Ramadan, banyak yang bertanya tentang mandi wajib sebelum memasuki bulan Ramadan, padahal mereka tidak dalam keadaan hadas besar, alias suci. 

Banyak artikel bertebaran tentang kewajiban mandi wajib sebelum masuk bulan Ramadan. Seolah hal itu merupakan hal yang termasuk dalam rukun sah puasa. 

Sehingga apa bilan tidak mandi wajib, maka puasa tidak sah. Bukan begitu, jangan salah kapra! 

BACA JUGA:Berikut Kumpulan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 1444 Hijriah

BACA JUGA:Kapan Puasa Ramadan 1444 H? Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Puasa 22 Maret

Dilansir dari NU Online, mandi wajib bukan merupakan keharusan menjelang bulan Ramadhan. 

Sebab, mandi wajib hanya diharuskan bagi orang berhadats besar. Contoh hadats besar seperti; keluar mani baik sengaja atau tidak sengaja, berhubungan intim, hadi dan nifas bagi wanita dan semisalnya. 

Jadi, jika Anda tidak dalam keadaan hadats besar alias dalam keadaan suci, Anda tidak perlu mandi wajib. Sebab mandi wajib bukan salah satu syarat sah puasa Ramadan. 

 Bahkan, orang yang malamnya memiliki hadats junub seperti karena mimpi basah atau telah melakukan hubungan suami istri, jika ia belum sempat mandi wajib sebelum waktu imsak, puasanya di siang hari tetap sah, selama syarat dan rukunnya terpenuhi. Namun, dia harus mandi wajib untuk melakukan salat subuh. 

BACA JUGA:Shin Tae-yong Sampaikan Hal Ini ke Pemain Timnas U-20 yang Jalani Puasa Ramadan

BACA JUGA:Berikut Rukun Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Dalam kitab al-Mausu’atul Fiqhiyyah (16/55) dijelaskan: 

يَصِحُّ مِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا قَبْل أَنْ يَغْتَسِل. فَإِنَّ عَائِشَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا : نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ يَصُومُ. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: