Cek Skor Kredit Anda Sendiri Sebelum Pinjam Uang di Bank, Pastikan Tidak Punya Catatan 'Dosa'

Cek Skor Kredit  Anda Sendiri Sebelum Pinjam Uang di Bank, Pastikan Tidak Punya Catatan 'Dosa'

Cara cek skor kredit BI Checking dengan iDEbku by OJK-OJK-OJK

Cek Skor Kredit  Anda Sendiri Sebelum Pinjam Uang di Bank, Pastikan Tidak Punya Catatan 'Dosa'  -  Berikut adalah cara cek skor kredit Anda. Dari sini, Anda dapat mengetahui apakah pengajuan pinjaman Anda ke Bank akan di ACC atau tidak. 

Selama Anda tak memiliki kredit macet atau catatan "dosa", maka tak perlu khawatir pengajuan kredit Anda akan ditolak. 

BACA JUGA:Gak Perlu Panik! Perbankan Nasional Tidak Akan Terdampak Krisis Keuangan AS Akibat 3 Bank Tutup

BACA JUGA:Cara Transfer BRI ke DANA, Bisa Lewat ATM Atau Internet Banking Hingga BRImo

Kini, Anda bisa mengecek skor kredit Anda sendiri. Caranya mudah gak pakai ribet. Diketahui pengecekan BI Checking memang diperlukan ketika kita akan mengajukan kredit perbankan, termasuk juga kredit pemilikan rumah (KPR) dan sebagainya. 

Pengecekan skor kredit BI Checking dilakukan kreditur untuk mengetahui kemampuan bayar debitur, agar tidak terjadi non performing loan atau NPL. 

BI Checking yang sebelumnya dikenal dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), merupakan proses seseorang saat ingin melakukan kredit di bank atau lembaga keuangan. 

Kini cara cek skor kredit BI Checking dapat dengan mudah dilakukan sendiri melalui handphone (HP) via iDebKu OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

BACA JUGA:Cuma Daftar Langsung Dapat Duit, Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Terbaru 2023

BACA JUGA:Cek Disini! Buruan Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp 200.000 Langsung Cair Dengan Daftar dan Main Game ini

Diketahui, seseorang yang memiliki catatan buruk karena skor merah di BI Checking akan kesulitan mengajukan pinjaman yang berdampak pada pengajuan kredit tanpa agunan (KTA) hingga kredit pemilikan rumah (KPR). 

Hal ini mengingat dengan semakin mudahnya penawaran menarik, seperti kartu kredit, buy now pay later (BNPL), hingga pinjaman online alias pinjol. 

BI Checking sendiri merupakan Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang mencatat lancar atau macetnya pembayaran kredit (kolektibilitas), di mana informasi kredit nasabah saling dipertukarkan antar-bank dan lembaga keuangan.

Selain dilakukan secara offline, BI Checking juga dapat dilakukan secara online (daring) melalui iDebKu guna mendorong efisiensi kredit lembaga jasa keuangan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: