20 Bandara Kelolaan Angkasa Pura II Siap Layani 5,24 Juta Pemudik Lebaran 2023

20 Bandara Kelolaan Angkasa Pura II Siap Layani 5,24 Juta Pemudik Lebaran 2023

Diskusi Forwahub soal kesiapan pelayanan mudik Lebaran 2023 sektor transportasi udara-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-FIN

20 Bandara Kelolaan Angkasa Pura II Siap Layani 5,24 Juta Pemudik Lebaran 2023 - Sebanyak 20 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) dipastikan siap melayani lonjakan pemudik periode Lebaran 2023, yang diprediksi mencapai 5,24 juta penumpang. 

Hal itu disampaikan Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dalam diskusi Forwahub di pressroom Kementerian Perhubungan, Selasa 21 Maret 2023. 

BACA JUGA:Periode Lebaran 2023, Angkasa Pura I Siap Layani 412 Pesawat Penerbangan Berjadwal di 15 Bandara Kelolaan

BACA JUGA:Siap-siap! Dua Hari Lagi Pendaftaran Mudik Gratis di Kabupaten Tangerang Dibuka, Link Pendaftaran Ada Disini

Dalam diskusi yang dihadiri pula oleh Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dan Direktur Operasional Airnav Indonesia Mukhammad Khatim, Awaluddin mengatakan, prediksi peningkatan jumlah penumpang pada Lebaran 2023 ini naik 25 persen dibandingkan periode Lebaran 2022 lalu. 

"Jumlah penumpang periode angkutan lebaran 2022 sebanyak 4,19 juta penumpang. Sementara trafik pergerakan pesawat diprediksi akan mencapai 36.585 penerbangan atau naik sekitar 11 persen," ungkap Awaluddin.

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan jumlah penumpang yang mengalami kenaikan itu, dipastikan tingkat utilisasi pesawat tahun ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

"Karena jumlah pesawat yang beroperasi pada lebaran tahun ini hanya sekitar 412 pesawat atau lebih sedikit dibandingkan lebaran saat sebelum pandemi Covid-19 di 2019 yang mencapai 650 pesawat," ungkapnya. 

BACA JUGA:Daftar Mudik Gratis 2023, Klik Disini Untuk Informasi Selengkapnya!

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Ada Diskon Mudik Lebaran Untuk Tarif Tol?

"Berarti kita bisa memastikan seat load factor (faktor muat penumpang) akan sangat tinggi," sambungnya lagi. 

Untuk jam operasional bandara, Awaluddin menegaskan bandara AP II sangat fleksibel dan bisa beroperasi lebih pagi atau lebih malam untuk melayani pemudik.

Ia juga memastikan bahwa Angkasa Pura II akan sangat fleksibel terkait jam operasional bandara. 

Awaluddin memastikan jam operasional bandara akan sangat fleksibel, sehingga dapat beroperasi lebih pagi atau lebih malam guna melayani pemudik. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: