Formula 1: Soal Penalti Fernando Alonso, FIA Berikan Klarifikasi

Formula 1: Soal Penalti Fernando Alonso, FIA Berikan Klarifikasi

Pebalap tim Aston Martin Fernando Alonso--(ANTARA/AFP/GIUSEPPE CACACE)

Formula 1: Soal Penalti Fernando Alonso, FIA Berikan Klarifikasi - FIA, federasi yang menaungi ajang balap mobil Formula 1 memberikan klarifikasi peraturan terkait penalti yang telah diberikan kepada Fernando Alonso.

Saat balapan di Grand Prix Arab Saudi pada pekan lalu, Fernando Alonso mendapatkan penalti.

BACA JUGA:Formula 1: Penalti Kedua Dibatalkan, Fernando Alonso Raih Podium ke-100

BACA JUGA:Formula 1 Arab Saudi: Lewis Hamilton Apresiasi Upaya dan Kemajuan Mercedes

Juru bicara FIA mengatakan, peraturan tersebut akan dibahas pada pertemuan Komite Penasihat Olahraga pada Kamis, 23 Maret 2023.

Hal tersebut dilakukan dengan maksud untuk menghilangkan kebingungan terkait aturan itu untuk putaran selanjutnya.

"Keputusan selanjutnya dari steward untuk mendengar dan memberikan Hak Peninjauan oleh Kontestan adalah hasil dari bukti baru mengenai definisi 'memperbaiki mobil', yang mana terdapat preseden yang saling bertentangan, dan ini telah diungkapkan secara spesifik," kata FIA, dilansir Antara, Selasa, 21 Maret 2023.

"Oleh karena itu, topik ini akan dibahas pada Komite Penasihat Olahraga berikutnya yang berlangsung pada Kamis, 23 Maret, dan klarifikasi akan dikeluarkan menjelang Grand Prix FIA Formula 1 Australia 2023," imbuhnya.

BACA JUGA:Formula 1: Mercedes Bawa Pengembangan Kecil untuk W14 di GP Arab Saudi

Lebih lanjut, FIA mengatakan pendekatan yang dilakukan secara terbuka ini bertujuan untuk meninjau dan mengatur olahraga tersebut secara adil, transparan, dan berkelanjutan.

Sebelumnya, para pengawas balapan mendapati bahwa ketika Alonso menjalani penalti lima detik, dongkrak untuk mengungkit bagian belakang mobil sang pebalap untuk pergantian ban telah menyentuh mobil AMR23 itu sebelum penalti lima detik tersebut diterapkan.

Steward kemudian memberi tambahan penalti 10 detik kepada Alonso seusai lomba sehingga membuat posisi finisnya turun ke P4 dan George Russell mewarisi podium untuk Mercedes.

Beberapa jam setelah itu dan menyusul banding dari Aston Martin, steward mencabut penalti kedua untuk Alonso dan mengembalikan podium bagi Alonso.

BACA JUGA:Formula 1 2023: Ferrari Yakin Bisa Taklukkan Red Bull

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: