Formula 1: Penalti Kedua Dibatalkan, Fernando Alonso Raih Podium ke-100

Formula 1: Penalti Kedua Dibatalkan, Fernando Alonso Raih Podium ke-100

Pebalap tim Aston Martin Fernando Alonso--(ANTARA/AFP/GIUSEPPE CACACE)

Formula 1: Penalti Kedua Dibatalkan, Fernando Alonso Raih Podium ke-100 - Finis di posisi ketiga Grand Prix Arab Saudi, pembalap Aston Martin, Fernando Alonso berhasil mendapatkan podium ke-100 dalam kariernya.

Alonso berhak mendapatkan posisi ketiga setelah penalti kedua yang dia dapat dibatalkan, menyusul banding dari tim Aston Martin pada Minggu, 19 Maret 2023.

BACA JUGA:Formula 1 Arab Saudi: Lewis Hamilton Apresiasi Upaya dan Kemajuan Mercedes

Alonso mampu menyelesaikan balapan sepanjang 50 putaran, di belakang juara balapan Sergio Perez dan Max Verstappen yang kembali menegaskan dominasi Red Bull.

Setelah merayakan podium bersama dua pebalap Red Bull, Alonso mendapati steward telah melakukan investigasi lanjutan dan kemudian menjatuhkan penalti kedua untuk dirinya.

Para pengawas balapan mendapati bahwa ketika Alonso menjalani penalti lima detik, dongkrak untuk mengungkit bagian belakang mobil saat mengganti ban telah menyentuh mobil AMR23 itu sebelum penalti lima detik tersebut diterapkan.

Steward kemudian memberi tambahan penalti 10 detik kepada Alonso seusai lomba sehingga posisi finisnya turun ke P4 dan George Russell mewarisi podium untuk Mercedes.

BACA JUGA:Formula 1: Mercedes Bawa Pengembangan Kecil untuk W14 di GP Arab Saudi

Kemudian, tim dari Aston Martin mengajukan banding yang membuat steward mencabut penalti kedua untuk Alonso dan mengembalikan podium bagi sang pebalap Spanyol.

"Setelah meninjau ulang bukti baru, kami memutuskan bahwa tidak ada kesepakatan, seperti yang diutarakan steward sebelumnya bahwa dongkrak yang menyentuh mobil sama saja dianggap mengerjakan mobil tersebut," bunyi pernyataan FIA, dilansir Antara, Senin, 20 Maret 2023.

"Oleh karena itu, kami mempertimbangkan bahwa keputusan awal untuk menerapkan penalti terhadap mobil 14 (Alonso) harus dicabut dan kami melakukannya sesuai dengan hal tersebut."

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: