Bagaimana Kunci Sukses Penerapan P5 dalam Kurikulum Merdeka? Simak Penjelasan Berikut

Bagaimana Kunci Sukses Penerapan P5 dalam Kurikulum Merdeka? Simak Penjelasan Berikut

Ilustrasi Siswa sedang belajar. --disdik.sumbarprov.go.id

Bagaimana Kunci Sukses Penerapan P5 dalam Kurikulum Merdeka? Simak Penjelasan Berikut- P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila. 

P5 dirancang untuk mengembangkan kepribadian dan karakter para pemuda Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila. 

Di dalam kurikulum merdeka, P5 adalah sebuah inisiatif untuk mengembangkan karakter siswa berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila.

Tujuan dari P5 adalah untuk membantu siswa mengembangkan profil karakter yang berintegritas, bertanggung jawab, dan berdedikasi pada masyarakat, sehingga siswa dapat menjadi pemimpin masa depan yang baik.

BACA JUGA:Berikut Kunci Sukses Penerapan P5 Dalam Satuan Pendidikan

BACA JUGA:Cara Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan P5 Kurikulum Merdeka di Indonesia

P5 dalam kurikulum Merdeka mengusung lima kompetensi inti yang terdiri dari: Spiritual dan Moral. Sosial dan Kultural. Intelektual Fisik dan Kesehatan

Implementasi P5 dalam kurikulum Merdeka dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang aktif dan inovatif, seperti pendekatan pembelajaran proyek, berbasis pengalaman, dan kolaboratif. 

Selain itu, penggunaan teknologi pendidikan yang tepat juga dapat membantu siswa belajar secara lebih efektif dan efisien, serta memperkuat pembelajaran kolaboratif dan interaktif.

Penerapan P5 dalam kurikulum Merdeka membutuhkan beberapa kunci sukses berikut:

1. Memperkuat keterlibatan seluruh stakeholder. Penerapan P5 dalam kurikulum Merdeka membutuhkan kerja sama dari semua stakeholder, termasuk guru, siswa, orang tua, lembaga pendidikan, dan pemerintah. 

BACA JUGA:Apa Manfaat Penyusunan P5 Pada Kurikulum Merdeka? Ini Tujuannya Bagi Pelajar

BACA JUGA:DPR RI Dukung KPK Garap Rafael Alun Trisambodo Terkait Harta Rp56 Miliar

Setiap stakeholder harus terlibat dalam pengembangan dan implementasi P5 untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan siswa dan lingkungan belajar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: