BNPP Koordinasikan Pembangunan PLBN Marore dan PLBN Miangas Beroperasi di Sulut

BNPP Koordinasikan Pembangunan PLBN Marore dan PLBN Miangas Beroperasi di Sulut

BNPP Koordinasikan Pembangunan PLBN Marore dan PLBN Miangas Beroperasi di Sulut--(dok.BNPP)

JAKARTA, FIN.CO.ID - Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) mengungkapkan, akan kembali mengoordinasi pembahasan pembangunan 2 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sulawesi Utara, yakni PLBN Marore dan PLBN Miangas.

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Robert Simbolon, menjelaskan bahwa, rencana dan kebutuhan untuk pembangunan kedua PLBN tersebut telah disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA:BNPP Canangkan Zona Integritas di Delapan PLBN

Hal tersebut kembali ditegaskan oleh Robert saat menerima audiensi Pj. Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Tamuntuan, pada 22 Februari 2023 yang lalu. Saat itu, Rinny hadir bersama Kepala Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan beberapa pejabat lainnya.

"Kami akan mengoordinasikan lanjut rencana pembangunan PLBN Miangas dan PLBN Marore dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR," jelas Robert, Senin (6/3/2023).

Pembangunan PLBN Marore, lanjut Robert, merupakan salah satu PLBN yang direncanakan pembangunannya berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) Tahun 2020-2024 dan Rencana Induk Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWNKP) Tahun 2020-2024.

Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP, Tito Karnavian, telah bersurat kepada Menteri PUPR untuk merencanakan dan menganggarkan pembangunan PLBN Miangas dan PLBN Marore, dengan surat nomor BWN.86.0 1/976/IV/2022, tanggal 28 April 2022.

BACA JUGA:BNPP Bersama Pemda Nunukan dan Kementerian Terkait Bahas Pencegahan dan Penanganan Perkawinan Anak Usia Dini

"Surat tersebut berisi hal Pembangunan Border Crossing Station (BCS)/Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Miangas dan Marore di Provinsi Sulawesi Utara," tambahnya.

Robert juga menerangkan, sebagai langkah persiapan, BNPP telah melakukan studi kelayakan pembangunan PLBN Miangas dan PLBN Marori pada tahun 2022 yang lalu. Hasil studi ini akan menjadi bahan awal penyusunan perencanaan secara komprehensif PLBN Miangas dan PLBN Marore.

Selain menyerap aspirasi pembangunan 2 PLBN, Robert juga menerima beberapa atensi Pj Bupati Kepulauan Sangihe lainnya terutama berkaitan dengan infrastruktur dan ekonomi.

Beberpa kebutuhan yang memerlukan penanganan seperti talud penahan ombak di pulau, jaringan telekomunikasi dan/atau internet, fasilitas pelayanan sosial dasar dibidang kesehatan, sarana penyediaan stok BBM untuk mengatasi kelangkaan BBM dan penyelesaian rencana tata ruang, khususnya rencana detail tata ruang dan rencana tata bangunan dan lingkungan.

BACA JUGA:Tindaklanjuti MoU, BNPP-BAZNAZ Tandatangani Kerja Sama Dukungan Pelayanan Dasar Pengelolaan Kawasan Perbatasan

"Dalam konteks penegakan hukum dan keamanan, masih terdapat kerawanan berupa penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan dan lain-lain", pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: