Universitas Esa Unggul Siap mendukung Program KOMINFO Perkuat Literasi Digital

Universitas Esa Unggul Siap mendukung Program KOMINFO Perkuat Literasi Digital

Universitas Esa Unggul Siap mendukung Program KOMINFO Perkuat Literasi Digital--(dok.Universitas Esa Unggul)

JAKARTA, FIN.CO.ID - Acara kick off yang dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Februari 2023 melibatkan perwakilan perguruan tinggi yang telah menjalin kerja sama kegiatan literasi digital pada tahun 2022 serta perguruan tinggi yang menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) di Menara Danareksa bersama dengan Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo.

Hadir di acara tersebut wakil rektor 2 Universitas Esa Unggul Dr. M.F Arrozi, Kepala Biro Humas dan Marketing Komunikasi Bugi Satrio Adiwibowo, Ph.D dan kepala biro Kerjasama Universitas Esa Unggul Dr. Ayu Larasati, S.Sos., M.Ikom, Wakil Rektor 2 Universitas Esa Unggul menyatakan Universitas Esa Unggul siap mendukung program Kominfo dalam mewujudkan masyarakat yang cakap digital , maka Esa Unggul akan membuat langkah kedepan dalam melibatkan peran dari mahasiswa dan dosen untuk bisa masuk ke masyarakat untuk edukasi tentang literasi digital dan membuat masyakat melek dan mempunyai kemampuan di digital ini.

BACA JUGA:Tim PePiPow Esa Unggul Goes To India, Menangkan Kategori Best of The Best

Indeks Literasi Digital Indonesia kembali mengalami peningkatan pada tahun 2022. Hasil survei Status Literasi Digital Indonesia 2022 menunjukkan adanya peningkatan 0,05 poin dari tahun 2021 sebesar 3,49 menjadi 3,54 poin dengan kategori sedang.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan akan terus melakukan penguatan literasi digital, termasuk di sektor pendidikan.

“Kominfo akan menambah kerja sama dengan perguruan tinggi serta kolaborasi program dalam pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika, Kementerian Kominfo menggalang kolaborasi dalam pelaksanaan Program Literasi Digital.

BACA JUGA:Guru Besar Esa Unggul Bicara Soal Hari Kanker 2023

“Program ini memiliki kesamaan tujuan dengan Perguruan Tinggi yaitu mengedukasi masyarakat Indonesia dan menerapkan ilmu yang sudah diemban ke masyarakat, sehingga target literasi digital diperluas ke masyarakat rural atau pedesaan,” jelas Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

Menurut Dirjen Semuel, mahasiswa dan tenaga pengajar sebagai agen pendidikan memiliki motivasi  dalam pengabdian masyarakat dan memiliki kapabilitas dalam membina masyarakat.

“Agar literasi digital lebih produktif diperlukan kolaborasi dan kerja sama antara stakeholder dalam mendorong peningkatan literasi digital di masyarakat,” tandasnya.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menyatakan besok, Kementerian Kominfo akan menginisiasi Kick Off Literasi Digital yang melibatkan perguruan tinggi di Indonesia.

BACA JUGA:Esa Unggul Tangerang Gelar Pelepasan MBKM Batch 2

“Dengan tema Transformasi Digital di Era 5.0, kami ingin menciptakan generasi muda Indonesia yang makin cakap digital. Lewat pemberdayaan literasi digital di kalangan mahasiswa diharapkan dapat terwujud Indonesia Cakap Digital,” ungkapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: