15 Februari Hari Kanker Anak Sedunia, Ini Tema dan Sejarahnya

15 Februari Hari Kanker Anak Sedunia, Ini Tema dan Sejarahnya

Anak-Anak tersenyum. Foto by Pixabay--

15 Februari Hari Kanker Anak Sedunia, Ini Tema dan Sejarahnya- Hari Kanker Anak Sedunia diperingati pada tanggal 15 Februari di setiap tahun. 

Hari Kanker Anak Sedunia adalah kampanye kolaboratif global untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker anak. 

Selain itu, Hari Kanker Sedunia diperingati untuk menyatakan dukungan bagi anak-anak dan remaja penderita kanker, penyintas dan keluarga mereka.

BACA JUGA:Pasien Kanker Payudara Punya Harapan Hidup Besar, Ini Syaratnya

BACA JUGA:Belasan Pasien Kanker Anak-anak Ukraina Butuh Bantuan, Pemerintah Inggris Turun Tangan

Tema Hari Kanker Anak Sedunia 2023

Pada tahun 2023 ini, Hari Kanker Anak Sedunia diperingati dengan tema: Better Survival' is achievable #ThroughTheirHands.' (Kelangsungan Hidup yang Lebih Baik dapat dicapai #MelaluiTangan Mereka). 

Dilansir dari situs resminya, Better Survival' is achievable #ThroughTheirHands fokusny adalah memberikan penghargaan kepada keluarga dan pengasuh serta dampak positif yang mereka berikan pada kehidupan anak-anak dan remaja penderita kanker.

Tagar #ThroughTheirHands juga sebagai kampanye yang dirancang menggunakan citra universal dari cetakan tangan anak-anak yang dicat warna-warni untuk mewakili tingkat kelangsungan hidup pengidap kanker pada skala nasional, regional dan internasional.

BACA JUGA:Harap Tenang! Penderita Gak Perlu Khawatir, Pemeriksaan Kanker Serviks Dijamin BPJS Kesehatan

BACA JUGA:Benarkah Kanker Bisa Menyerang Anak-Anak? Ini Penjelasan IDAI

Diyakini bahwa ada lebih dari 400.000 anak-anak dan remaja di bawah umur 20 tahun, didiagnosis menderita kanker di seluruh dunia.

Kanker diperkirakan menjadi penyebab kematian 8.544 anak di bawah usia 15 tahun pada tahun 2020; di antaranya, 7.076 di Amerika Latin dan Karibia.

Target Sasaran Inisiatif Hari Kanker Anak Global adalah untuk menghilangkan semua rasa sakit dan penderitaan anak-anak melawan kanker dan mencapai setidaknya 60% kelangsungan hidup untuk semua anak yang didiagnosis menderita kanker di seluruh dunia pada tahun 2030.

Sejarah Hari Kanker Anak Sedunia

Hari Kanker Anak Sedunia mulai diperingati pada tahun 2002 silam. Kemudian pada bulan September 2018, WHO meluncurkan Global Initiative for Childhood Cancer (GICC), dengan tujuan untuk mengatasi ketidaksetaraan yang mendalam ini. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: