Update: Gempa Bumi Jayapura 5.4 SR, 4 Warga Tewas Ditemukan dari Runtuhan Puing Cafetaria

Update: Gempa Bumi Jayapura 5.4 SR, 4 Warga Tewas Ditemukan dari Runtuhan Puing Cafetaria

Sebanyak empat warga meninggal dunia setelah terdampak gempabumi 5.4 SR yang terjadi di Kota Jayapura, Papua, Kamis 9 Februari 2023. --

Gempa Bumi Jayapura 5.4 SR, 4 Warga Meninggal Dunia - Sebanyak empat warga meninggal dunia setelah terdampak gempa bumi 5.4 SR yang terjadi di Kota Jayapura, Papua, Kamis 9 Februari 2023. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid menjelaskan, bahwa keempat korban ditemukan dari puing bangunan cafetaria yang roboh oleh guncangan gempa bumi. 

Asep menuturkan letak cafetaria tersebut berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan oleh tim ahli untuk menyelam.

BACA JUGA:BMKG Ungkap Jenis dan Penyebab Gempa Kota Jayapura Berkekuatan Magnitudo 5.4

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud ," jelas Asep dalam sambungan telepon.

Asep juga menuturkan, pada saat terjadi gempabumi yang dirasakan kuat selama 2-3 detik, masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. 

Lebih lanjut, pada saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempabumi susulan yang kembali terjadi.

“Gempabumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempabumi sedang berjalan,” ujar Asep.

BACA JUGA:Gempa Magnitudo 5.4 Guncang Kota Jayapura Papua, 1 Meninggal Dunia

Sementara itu, Asep melaporkan bahwa beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan. 

Beberapa pasien RSUD Kota Jayapura turut diungsikan ke halaman gedung untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Keluar-keluar betul. Semuanya (pasien) di luar," jelas Asep.

Lebih lanjut, tim BPBD Kota Jayapura bersama lintas instansi terkait masih dalam pendataan lebih lanjut mengenai kerusakan maupun korban jiwa. 

BACA JUGA:Pakar ITB Ungkap Penyebab Gempa Bumi Banten, Aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: