BMKG Ungkap Jenis dan Penyebab Gempa Kota Jayapura Berkekuatan Magnitudo 5.4

BMKG Ungkap Jenis dan Penyebab Gempa Kota Jayapura Berkekuatan Magnitudo 5.4

Gempa magnitudo 5.4 yang terjadi di Kota Jayapura-fin.co.id-twitter @bmkg

BMKG Ungkap Jenis dan Penyebab Gempa Kota Jayapura Berkekuatan Magnitudo 5.4 - Gempa yang terjadi di Kota Jayapura dengan kekuatan magnitudo 5.4 disebabkan karena aktivitas sesar aktif.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut gempa yang terjadi di Kota Jayapura merupakan jenis gempa dangkal.

Dikatakannya, akibat gempa dangkal yang terjadi di Kota Jayapura pada Kamis, 9 Februari 2023 pukul 15.28 WIT menimbulkan sejumlah kerusakan.

"Dampak gempa bumi ini dilaporkan menimbulkan kerusakan pada beberapa bangunan di Jayapura," katanya, Kamis, 9 Februari 2023.

BACA JUGA:Gempa Magnitudo 5.4 Guncang Kota Jayapura Papua, 1 Meninggal Dunia

BACA JUGA:Video Lengkap Cara Cara Berpakaian Ihram Pria dan Wanita yang Benar, Resmi Kemenag

Dijelaskannya pusat gempa bumi tersebut berada di koordinat 2,50 derajat Lintang Selatan, 140,70 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 km.

Diungkapkannya, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," katanya.

1 Wanita Meninggal Dunia Tertimbun Rutuhan Bangunan

Akibat Gempa di Kota Jayapura, Papua mengakibatkan sejumlah bangunan rusak dan seorang meninggal dunia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Papua, Asep Khalid mengatakan korban merupakan karyawan Restoran Cerita yang berada di kawasan Ruko, Dox II, Jayapura.

BACA JUGA:Pray For Turkey, Berikut Cara Lindungi Diri Saat Terjadi Gempa Bumi Resmi dari BPBD Tangerang

BACA JUGA:Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Yuk Dicoba

"Korban merupakan seorang perempuan karyawan Restoran Cerita yang ambruk ke laut saat terjadi gempa sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: