BPJS Kesehatan Gandeng BSSN Tingkatkan Keamanan Informasi Data Program JKN

BPJS Kesehatan Gandeng BSSN Tingkatkan Keamanan Informasi Data Program JKN

BPJS Kesehatan, Image: BPJS Official Website--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sebagai penyelenggara Program JKN yang mengelola kepesertaan lebih dari 249,6 juta jiwa penduduk Indonesia, BPJS Kesehatan memiliki jutaan data transaksi layanan JKN. 

 

Guna meningkatkan keamanan informasi data tersebut, BPJS Kesehatan berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memperkuat fungsi dan tugas Security Incident Response Team (SIRT).

 

“Di era transformasi digital, data yang kita miliki layaknya tambang emas. Hal ini juga berlaku di BPJS Kesehatan. Sejak tahun 2019, kami telah memiliki SIRT yang bertugas untuk mengidentifikasi dan merespon keamanan data di lingkungan BPJS Kesehatan". 

 

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Tekor di 2024, PBI Disebut Jadi Penyebabnya

 

"Untuk memperkuat fungsinya, tahun 2022 BSSN telah mengasistensi dan menerima SIRT BPJS Kesehatan sebagai bagian dari Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Nasional di bawah komando BSSN," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti. 

 

Hal itu disampaikan Ghufron Mukti dalam acara Grand Launching SIRT BPJS Kesehatan dan IT Product Tahun 2023. 

 

Ghufron juga mengungkapkan, transformasi digital BPJS Kesehatan membawa perubahan besar di sektor layanan kesehatan Indonesia. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: