Asyik! Ada 4.392 Set Top Box Gratis untuk Warga Bali, Bisa Menikmati Siaran TV Digital

Asyik! Ada 4.392 Set Top Box Gratis untuk Warga Bali, Bisa Menikmati Siaran TV Digital

Ilustrasi Set Top Box.--

BALI, FIN.CO.ID - Masyarakat di Kabupaten Badung, Gianyar, dan Buleleng, Bali, mendapatkan bantuan 4.392 unit Set Top Box (STB) yang berguna untuk menyalurkan siaran televisi digital.

Manajer komunikasi ANTV Riyandri Tjahjadi mengatakan, sebagai salah satu saluran televisi yang mendukung percepatan migrasi televisi analog switch off (ASO) ke televisi digital, masyarakat yang kurang mampu berhak mendapatkan itu.

BACA JUGA:Hati-hati Set Top Box Meledak, Ini Cara Memasang dan Mematikan STB yang Benar

"Selama periode 16-23 Januari 2023, tim ANTV mendistribusikan STB secara langsung di wilayah Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Buleleng," kata dia di Denpasar, Jumat 20 Januari 2023.

Adapun wilayah sasarannya adalah Kelurahan Manukaya, Tampaksiring, Sanding, Pejeng Kangin, Pejeng, dan Pejeng Kelod di Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, dengan Set Top Box berjumlah 1.070 unit.

Untuk di Kabupaten Badung, Riyandri menyasar 18 desa di Kecamatan Abiansemal, dengan total STB sebanyak 1.793 unit.

"Sedangkan lokasi selanjutnya yang didatangi oleh tim adalah Kecamatan Seririt dan Kecamatan Gerogak di Kabupaten Buleleng dengan jumlah STB 1.529 unit," ujarnya.

BACA JUGA:Waspada! Set Top Box Bisa Meledak? Ini Penjelasan Kemenkominfo

Kepada media di Denpasar, Riyandri menyampaikan bahwa pembagian STB dimulai dari proses koordinasi dan validasi data calon penerima di tingkat desa, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan internal untuk pemantapan pembagian, sehingga tepat sasaran dan diterima baik oleh masyarakat.

Selain dibagikan secara gratis, masyarakat di tiga kabupaten tersebut juga diberikan edukasi pemasangan Set Top Box, sehingga mereka dapat memperoleh siaran digital.

Riyandi menjelaskan, untuk mengakses siaran televisi digital, masyarakat hanya perlu menghubungkan STB dengan antena UHF, jika pesawat tv belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2.

BACA JUGA:25 Kabupaten Kota Migrasi ke TV Digital, Ini Link Cek Bantuan Set Top Box Kominfo

"Siapkan STB dan antena, pastikan televisi dalam mode AV, pindahkan konektor antena biasa dari televisi ke STB, pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di tv dan juga STB," jelasnya.

Setelah itu, kata dia, STB dapat dinyalakan, atur LCN dalam keadaan hidup atau on agar langsung memperoleh siaran digital dari saluran televisi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: