Waspada! Set Top Box Bisa Meledak? Ini Penjelasan Kemenkominfo

Waspada! Set Top Box Bisa Meledak? Ini Penjelasan Kemenkominfo

Cara nonton siaran TV digital tanpa STB di TV LG, Image oleh kalhh dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merespon kabar yang menyebut set top box atau STB bisa meledak. 

Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia mengatakan, pihaknya telah melakukan investigasi kabar itu. 

Pria yang akrab disapa Gery ini mengatakan, dari hasil investigasi menemukan bahwa set top box bukan meledak atau rusak. 

"Saya sampaikan ke teman-teman kemarin viral set top box meledak, set top box berbahaya. Nah, jangan percaya isu-isu itu. Ternyata saat kita investigasi, ternyata bukan set top box-nya yang rusak atau meledak," katanya, Senin 5 Desember 2022 dalam sebuah webinar. 

BACA JUGA:Heboh! Kabar Set Top Box Meledak, Begini Cara Merawat STB yang Benar Dijamin Awet

Dia mengatakan, buka set top box yang meledak, tetapi penggunaan listik yang tidak sesuai. 

"Tapi, penggunaan listriknya. Ada satu konektor hampir dipakai 6-7, itu kan bahaya. Ketika dicek set top box-nya itu nggak ada masalah. Jadi, kalau ada isu-isu (set top box meledak-red) itu dicek dulu," katanya. 

Dia juga imbau masyarakat agar membeli set top box yang direkomendasi oleh Kemenkominfo yakni ada SNI sebab ada garansinya.

"Kalau ada masalah dengan set top box, cukup hubungi service center. Kalau yang ada garansi itu benar-benar tersertifikasi itu dijamin keamanannya," kata Gery.

BACA JUGA:Set Top Box Bisa Meledak? Begini Kata Kominfo dan Cara Gunakan STB yang Benar

Cara Gunakan  Set Top Box yang Benar

Umumnya masyarakat membiarkan set top box menyala sepanjang hari meskipun televisi telah dimatikan. 

Padahal yang seharusnya dilakukan, setelah mematikan televisi, set top box juga harus dimatikan melalui tombol on/of atau melepas colokan listriknya. 

Jika membiarkan set top box menyala meskipun televisi telah dimatikan, sama saja set top box terus bekerja sehingga hal ini menyebabkan mesin set top box panas. 

Sumber: