Gempa M5,1 Guncang Malang, BMKG Ungkap Jenis Gempa dan Penyebabnya

Gempa M5,1 Guncang Malang, BMKG Ungkap Jenis Gempa dan Penyebabnya

Gempa M5,1 guncang Malang, Jawa Timur-bmkg-bmkg

JAKARTA, FIN.CO.ID - Gempa Magnitudo (M) 5,1 di selatan Jawa Timur mengguncang Malang.

Pusat gempa Malang yang terjadi pada Selasa, pukul 11.36 WIB itu terletak pada koordinat 9,14 derajat Lintang Selatan; 112,48 derajat Bujur Timur.

Tepatnya pusat gempa Malang berlokasi di laut pada jarak 111 km arah barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 65 km.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami,  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono, gempa terjadi akibat deformasi pada batuan dalam Lempeng Samudera Indo-Australia.

BACA JUGA:Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

BACA JUGA:Cek Resi Shopee Express dalam Genggaman, Begini Cara Mudahnya

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi intraslab kedalaman menengah akibat deformasi pada batuan dalam Lempeng Samudera Indo-Australia," paparnya, Selasa, 17 Januari 2023.

Ditambahkannya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi itu memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

"Hasil analisis BMKG juga menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,8," katanya.

Ia menjelaskan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Karangkates, Sumbermanjing Wetan dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

BACA JUGA:Gempa Guncang Laut Banda Maluku

BACA JUGA:Tips dan Cara Mudah Convert Video Youtube to Mp3

Skala intensitas lebih rendah, yakni II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) terasa di daerah Kepanjen, Lumajang, Malang.

Gempa juga terasa di daerah Badung, Blitar, Trenggalek, Pacitan, Bondowoso dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: