Gempa Guncang Laut Banda Maluku

Gempa Guncang Laut Banda Maluku

Lokasi gempa bumi di Laut Banda, Maluku. (ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan laporan gempa terbaru, Jumat, 13 Januari 2023.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, gempa bumi magnitudo 5,1 terjadi di wilayah Laut Banda, Maluku akibat ada aktivitas subduksi.

Daryono menjelaskan, episenter gempa bumi berada pada koordinat 7,22 derajat Lintang Selatan, 130,59 derajat Bujur Timur atau persisnya berada di laut pada jarak 38 km arah barat laut Wer Maktian, Maluku Tenggara Barat, Maluku, kedalaman 116 km.

BACA JUGA:Aneh bin Ajaib, Kata Kunci Mega Hilang dari Search Twitter

"Memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat ada aktivitas subduksi Laut Banda," ucapnya.

Daryono menambah, hasil analisis mekanisme sumber memperlihatkan jika gempa bumi mempunyai proses gerakan mendatar-turun (oblique-normal).

"Gempa bumi yang terjadi pada Jumat,13 Januari 2023, pukul 19.44 WIB itu memiliki parameter up-date dengan magnitudo 4,85," ucapnya.

BMKG mengatakan, gempa bumi berpengaruh dan dirasakan di wilayah Molomaru dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasa oleh sebagian orang, beberapa benda enteng yang digantung bergoyang).

BACA JUGA:Ridwan Kamil Masuk Golkar Berpotensi Jadi Capres, Dave Laksono: Biar Pak Airlangga yang Umumkan

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ucapnya.

Hingga pukul 20.25 WIB, hasil pantauan BMKG belum memperlihatkan ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Daryono mengimbau warga supaya tetap tenang, tapi menghindari bangunan yang retak atau rusak disebabkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan karena getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke rumah," kata Daryono.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: