Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Aceh Singkil. BMKG--

ACEH, FIN.CO.ID- Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,2 guncang Kota Aceh Singkil, Provinsi Aceh pada Senin 16 Januari 2023 pukul 05.30 WIB. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa tektonik itu terjadi di wilayah Pantai Selatan Kota Singkil, Aceh. 

"Episenter Gempa Bumi terletak pada koordinat 1,98° LU ; 97,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono lewat keterangan tertulisnya, Senin 16 Januari 2023.

BACA JUGA:Gempa Guncang Laut Banda Maluku

BACA JUGA:BMKG: Gempa di Papua Berkekuatan Magnitudo 5,1

Daryono menjelaskan, dari hasil pengamatan, gempa bumi tersebut jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," katanya. 

Gempa bumi Aceh Singkil ini berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Singkil dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas IV MMI.

Kemudian dirasakan juaga di daerah Subulussalam, Aceh Selatan dengan skala intensitas III - IV MMI dan daerah Padang Sidempuan dengan skala intensitas II - III MMI. 

BACA JUGA:Usai Gempa M7.5 Tanimbar, Muncul Pulau Baru

BACA JUGA:BMKG: Peringatan Tsunami Gempa Maluku Tenggara Bukan Dicabut, Tapi Diakhiri

Namum BMKG menyebut gempa tidak berpotensi tsunami. 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini Tidak Berpotensi Tsunami," katanya 

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: