Selamat ya, Erick Thohir Jadi Menteri Terbaik Pilihan Netizen

Selamat ya, Erick Thohir Jadi Menteri Terbaik Pilihan Netizen

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir--(dok.BRI)

JAKARTA, FIN.CO.ID — Platform monitoring dan analisis media sosial, MediaWave, menyebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merupakan menteri dengan sentimen positif tertinggi di media sosial pada penghujung 2022.

General Manager Analyst of Mediawave Nadia Shabilla mengatakan, hal ini tergambar dalam monitoring dan analisis percakapan dan pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju selama periode 1 Desember hingga 31 Desember 2022. 

BACA JUGA:Raup Rp 4,13 triliun dari Right Issue, Erick Thohir: BBTN Siap Lipatgandakan Pembiayaan Properti

BACA JUGA:3 Link Download GB WhatsApp Terbaru 2023 Gratis Ada Disini, Pelajari Fitur-Fitur Barunya Berikut Cara Unduhnya

Dari data percakapan tersebut, ucap Nadia, MediaWave juga menganalisis persepsi publik yang terbagi menjadi 3 parameter, yaitu sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral, yang kemudian dibuat suatu formulasi yang dinamakan Earned Media Share of Sentiment atau EMSS. 

Formula EMSS menghitung seberapa besar jumlah percakapan dan Net Sentiment terhadap menteri. 

"Semakin besar persentase EMSS suatu menteri, artinya menteri tersebut mendapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif yang cukup tinggi," ujar Nadia di Jakarta, Kamis 12 Januari 2022.

Dalam analisis tersebut, ucap Nadia, terdapat lima menteri terbaik di media sosial yang mana Menteri BUMN, Erick Thohir, menempati peringkat tertinggi dengan EMSS sebesar 23.11 persen dan total percakapan sebanyak 220,518. 

BACA JUGA:Di Hadapan Masyarakat Riau, Jokowi Perkenalkan Erick Thohir: Sudah Kenal Dengan Menteri Andalan Saya Belum?

BACA JUGA:Cek Disini! Daftar 10 Aplikasi Chat Video Terbaik, Ada Telegram Hingga JusTalk

Nadia menyampaikan sejumlah top isu yang dibicarakan netizen tentang Erick cukup beragam. Antara lain, saat Mantan Presiden Inter Milan itu meraih penghargaan sebagai menteri terbaik dalam CNBC Indonesia Awards 2022.

Hasil survei nasional Poltracking Indonesia juga menempatkan Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik.

Kemudian konsep ‘Festival Budaya’ yang dirancang oleh Erick Thohir pada pernikahan Kaesang mendapat pujian dari publik.

Kemudian, pernyataan Erick soal PSSI harus dibongkar total demi menciptakan ekosistem sepak bola Indonesia yang lebih baik mendapat dukungan dari publik juga mendapat sambutan positif. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: