Warga Jakarta Diminta Waspada Hujan Ekstrim dan Badai Dahsyat Pada 28 Desember 2022

Warga Jakarta Diminta Waspada Hujan Ekstrim dan Badai Dahsyat Pada 28 Desember 2022

BMKG Prediksi bakal terjadi cuaca ektrem yang terjadi di 16 wilayah Indonesia-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, FIN.CO.ID- Warga DKI Jakarta diminta waspada sebab diperkirakan adanya hujan dan badai ekstrim terjadi pada Rabu besok 28 Desember 2022. Bukan saja di Jakarta, tetapi juga wilayah di sekitarnya, seperti Bogor, Bekasi, Depok dan Tangerang 

"Siapapun Anda ysng tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata peniliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin melalui akun Twitter-nya, dikutip Selasa 27 Desember 2022.

Menurutnya Jakarta dan Bekasi serta Banten yang akan paling berdampak pada serangan badai ekstrim ini yang diperkirakan berlangsung dari siang hingga malam 28 Desember 2022.

"Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022." ujarnya. 

BACA JUGA:Ganasnya Badai Salju di Amerika Serikat, 27 Orang Tewas hingga Sejumlah Mobil Terkubur di Jalanan

"Konvergensi di darat juga akan terjadi secara massif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan terjadi meluas, menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, puncak musim hujan dimulai pada Minggu 25 Desember 2022.

BACA JUGA:Warga Banten Waspada! Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Menimbukan Bencana

Dia menjelaskan bahwa, sejumlah wilayah akan  menghadapi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat pada periode 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. 

Dwikorita menjelaskan potensi cuaca ekstrem tersebut dipicu oleh beberapa anomali cuaca yang terjadi.

"Bersamaan empat aktivitas tersebut maka dikhawatirkan atau berpotensi mengakibatkan cuaca ekstrem di berbagai wilayah Indonesia, terutama bagian selatan Indonesia sampai juga bagian tengah dan timur," kata Dwikorita.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: