Kapolda Kalsel Andi Rian: Tak Ada Ruang untuk Tambang Ilegal di Kalimantan Selatan

Kapolda Kalsel Andi Rian: Tak Ada Ruang untuk Tambang Ilegal di Kalimantan Selatan

Tambang nikel (net) --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol. Andi Rian R Djajadi menegaskan tak ada ruang untuk tambang ilegal. 

Hal tersebut demi pemanfaatan sumber daya alam yang sesuai aturan perundang-undangan.

"Saya perintahkan anggota aktivitas pertambangan benar-benar diawasi, jangan sampai ada yang ilegal," kata Andi Rian dilansir Minggu 4 Desember 2022. 

BACA JUGA:Ngaku Setor Uang Koordinasi Tambang Ilegal ke Kabareskrim, Ismail Bolong Jadi Tersangka

Andi Rian pun secara khusus memberikan atensi kepada jajaran Kasat Reskrim untuk bisa mengawal sumber daya alam di wilayahnya jangan sampai dirambah tambang ilegal.

Menurut dia, seorang kasat reskrim wajib memiliki data daftar perizinan yang dikeluarkan terkait pertambangan pada seluruh perusahaan.

"Jadi lakukan koordinasi terus dengan instansi lain, misalnya, terkait data izin usaha pertambangan (IUP) dan sebagainya," jelas dia.

Begitu juga untuk sektor lain seperti perkebunan, Kapolda menekankan legalitas nya harus jelas agar keberadaan nya dapat memberikan manfaat bagi pemasukan keuangan negara dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Pengamat Singgung Kapolri Soal Tambang Ilegal Kaltim Seret Komjen Agus, Jangan Cuma Retorika

Diakui dia pula, keberadaan tambang ilegal ataupun perkebunan cukup rawan memunculkan konflik sosial dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar setiap perusahaan yang beroperasi tetap menjunjung kearifan lokal masyarakat setempat demi terjaga nya kondusifitas keamanan pada suatu wilayah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: